• KANAL BERITA

Kalahkan Bologna, Juventus Mantap di Puncak Klasemen

Foto: Emilio Andreoli / Getty Images
Foto: Emilio Andreoli / Getty Images

TURIN, suaramerdeka.com - Juventus memantapkan diri di puncak klasemen, sekaligus menunjukkan mentalitasnya usai menang 3-1 atas Bologna dalam lanjutan Serie A di Allianz Stadium, Minggu (6/5) dini hari. Tertinggal via penalti Simone Verdi, Juve berbalik menang via gol bunuh diri Sebastian De Maio, dan dua gol dari Sami Khedira serta Paulo Dybala

Mengontrol permainan, Juve mengancam di menit ketujuh lewat sepakan Gonzalo Higuain, tapi dihalau oleh Antonio Mirante. Menit 19, Alex Sandro juga menebar ancaman via tandukannya yang bisa diamankan Mirante.

Menit 27, Juventus dihukum penalti, setelah umpan pendek Gianluigi Buffon ke Daniele Rugani terlalu tanggung sehingga diserobot Lorenzo Crisetig. Coba menekan Crisetig dari belakang, namun upaya Rugani malah berujung pelanggaran.

Juventus memprotes, tapi Video Assistant Referee (VAR) memastikan insiden itu sebuah pelanggaran. Simone Verdi lantas menaklukkan Buffon dengan tembakan mendatar. Juventus coba menekan di sisa waktu babak pertama, namun tak cukup mengancam untuk Bologna. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Di babak kedua, Juve kian intens menekan Bologna dan di menit 51, mereka menyamakan skor setelah umpan silang Cuadrado mengenai kaki De Maio dan masuk ke gawangnya sendiri. Setelah itu, Bologna sempat mengancam pada menit ke-59, usai tembakan Krath ditepis Buffon lalu bola menghantam tiang gawang.

Terus menekan, Juventus berhasil membalikkan keadaan di menit ke-63 setelah Sami Khedira dengan mudah menyontek umpan Douglas Costa di tiang jauh. Enam menit berselang, Costa kembali mengarsiteki gol Juve setelah umpannya dituntaskan Dybala dengan sepakan ke pojok kanan bawah gawang. Bologna mencoba merespons. Mattia Destro melepaskan tembakan keras di menit ke-76 dari jarak jauh, namun masih mudah ditangani Buffon.

Juventus mengontrol permainan di sisa waktu. Tak ada lagi gol tercipta sampai peluit panjang dibunyikan dan Juve menang 3-1. Hasil ini membuat Juventus menebar tekanan untuk Napoli dalam persaingan gelar. Mengoleksi nilai 91 dari 36 laga, kini sang juara bertahan unggul tujuh angka dari Napoli di posisi dua. Napoli wajib menang atas Torino, dengan kekalahan akan memastikan Juventus juara lebih dini. Sementara itu, Bologna tertahan di urutan 12 dengan 39 poin.

 


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)