• KANAL BERITA

Perebutan Posisi Tiga dan Empat Bundesliga Kian Memanas

DORTMUND, suaramerdeka.com - Hasil-hasil di pekan ke-33 membuat persaingan empat tim memperebutkan posisi tiga hingga empat Bundesliga memanas. Hal itu tak lepas dari kekalahan yang diderita Borussia Dortmund serta Hoffenheim.

Menjamu Mainz di Signal Iduna Park, Sabtu (5/5), Dortmund malah kalah 1-2. Gol dari Ridle Bote Baku membuat Dortmund tertinggal di menit keempat. Menit ke-13,  Yoshinori Muto kian menjauhkan keunggulan Mainz sebelum akhirnya, Dortmund membalas sekali lewat Maximilian Philipp di menit ke-16.

Posisi Dortmun di klasemen tak tergeser oleh Hoffenheim di posisi empat, yang untungnya takluk 0-2 kala bertandang ke Stuttgart. Dua gol dari Mario Gomez, masing-masing di menit ke-25 dan 74, membuat Hoffenheim gigit jari. Bahkan setelah unggul jumlah pemain sejak menit ke-65 pun Hoffenheim tak mampu bikin gol balasan.

Bayer Leverkusen yang sejatinya bisa memaksimalkan kegagalan dua tim itu untuk naik ke posisi empat, juga tak mampu meraih kemenangan, usai berimbang tanpa gol di markas Werder Bremen. Dengan hasil ini, Dortmund masih berada di posisi tiga dengan nilai 55, tertinggal lima poin dari Schalke 04 di posisi dua dan tiga angka di depan Hoffenheim dan Leverkusen di posisi 4-5.

RB Leipzig yang berada di posisi enam dengan 50 poin pun masih punya kesempatan untuk finis di empat besar, mengingat jarak mereka cuma dua poin dengan Hoffenheim. Yang menarik, Dortmund dan Hoffenheim akan saling berhadapan di laga pekan terakhir, minggu depan. Dortmund tentu saja cuma butuh hasil imbang untuk aman di empat besar, tapi Hoffenheim wajib meraih tiga poin untuk finis di zona tersebut.

Sementara Leverkusen dan Leipzig bakal berharap Hoffenheim gagal meraih poin, yang tentunya akan jadi akhir dramatis dalam perebutan posisi empat. Hasil-hasil pekan ini juga memastikan Schalke tampil di fase grup Liga Champions musim depan. Sementara Mainz dipastikan bertahan di Bundesliga berkat kemenangan atas Dortmund.

 


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)