• KANAL BERITA

Marseille Tantang Atletico Madrid di Final Liga Europa

Foto: Adam Pretty / Bongarts / Getty Images
Foto: Adam Pretty / Bongarts / Getty Images

SALZBURG, suaramerdeka.com - Olympique de Marseille melaju ke final Liga Europa meski kalah 1-2 dari Red Bull Salzburg di leg kedua semifinal Liga Europa, di Red Bull Arena, Jumat (4/5) dini hari. Marseille ke final dengan menang agregat 3-2.

Dalam laga ini, Salzburg, yang berupaya keras mengejar ketertinggal agregat 0-2 bermain lebih baik daripada Marseille. Namun percobaan dari tim tuan rumah tak ada yang berujung dengan gol di babak pertam. Hingga jeda skor 0-0 tetap bertahan.

Di babak kedua, Salzburg memecah kebuntuan di menit ke-53 setelah akselerasi Amadou Haidara mampu melewati empat pemain Marseille sebelum berhasil melesakkan gol dari jarak dekat. Menit 65, Salzburg menggandakan keunggulan usai Bouna Sarr mencetak gol bunuh diri setelah membelokkan arah bola dari tendangan Xavier Schlager. Klub asal Austria itu pun memimpin 2-0 dan memaksakan laga berlanjut ke 2x15 menit setelah agregat menjadi 2-2.

Di extra time babak pertama Salzburg punya beberapa peluang bersih untuk memperbesar keunggulan, namun mereka tak bisa mengonversi menjadi gol. Di menit 116, Marseille sukses mencetak gol usai Rolando menyambut sepak pojok Dimitri Payet dan menjebol jala Salzburg.

Di saat dalam posisi tertinggal Salzburg malah harus bermain dengan 10 orang usai Haidara diganjar kartu kuning kedua di menit ke-119 setelah melanggar Payet. Dengan kurangnya jumlah pemain, Salzburg tak mampu membalikkan keadaan. Marseille pun berhak melaju ke final meski kalah 1-2. Klub asal Prancis itu unggul agregat 3-2 setelah pada leg pertama menang 2-0.

Di laga final nanti Marseille akan bertemu dengan Ateltico Madrid di Parc Olympique Lyonnais, Lyon, pada 16 Mei mendatang. Klub asal Spanyol itu lolos setelah mengalahkan Arsenal dengan agregat 2-1.


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)