• KANAL BERITA

Gol Tunggal Diego Costa Bawa Atletico Madrid ke Final Liga Europa

Foto: Gonzalo Arroyo Moreno / Getty Images
Foto: Gonzalo Arroyo Moreno / Getty Images

MADRID, suaramerdeka.com - Atletico Madrid melenggang ke final Liga Europa usai menang 1-0 atas Arsenal pada leg kedua semifinal di Wanda Metropolitano, Jumat (4/5) dini hari. Gol tunggal Diego Costa menjadi penentu kelolosan Atletico Madrid, dengan keunggulan agregat 2-1, setelah pada leg pertama berimbang 1-1 di Emirates Stadium.

Dalam laga ini, Arsenal memberi ancaman saat laga baru berjalan lima menit setelah umpan silang Alexandre Lacazette gagal digapai Jack Wilshere yang mendapatkan gangguan. Semenit berselang Atletico membalas via sepakan Diego Costa, yang masih melayang tinggi di atas gawang David Ospina.

Setelah itu, tak ada tim yang mencolok dalam penguasaan bola selama 15 menit laga berjalan. Baik Atletico dan Arsenal saling bergantian mengontrol pertandingan. Akan tetapi, keduanya masih terlihat sulit masuk ke sepertiga pertahanan lawan.

Jelang turun minum Atletico berhasil mencetak gol, setelah umpan terobosan Griezmann diterima Costa di dalam kotak penalti tanpa bisa dihentikan Bellerin lalu mudah menjebol gawang Ospina dari jarak dekat. Skor 1-0 untuk keunggulan Atletico bertahan hingga paruh pertama.

Di babak kedua, Arsenal mulai agresif dalam menyerang di babak kedua dan mendapat peluang pada menit ke-53 lewat Ramsey, setelah sepakannya dari jarak dekat melebar dari target. Di menit 59, Atletico mengancam via sepakan bebas Griezmann yang masih melebar.

Setelah itu, Arsenal kesulitan menjebol gawang Atletico karena upaya mereka kerap mentah di kotak penalti setelah lawan menumpuk sampai delapan pemain. Ancaman pun didapat Arsenal pada menit ke-80 melalui sepakan keras Costa dari luar kotak penalti, namun bola masih tepat berada di pelukan Ospina.

Atletico mendapat peluang emas di menit ke-88 setelah Fernando Torres memaksimalkan sebuah bola pantul dengan tembakan keras, namun bola masih bisa ditepis Ospina. Arsenal berupaya menyerang di menit-menit akhir. Namun, tak ada gol balasan yang bisa mereka ciptakan hingga laga usai. Skor 1-0 bertahan untuk kemenangan Atletico.

Belum diketahui siapa lawan Atletico di laga final yang akan berlangsung di Parc Olympique Lyonnais, Lyon, pada 16 Mei mendatang. Sampai berita ini diturunkan, laga semifinal lainnya antara Red Bull Salzburg vs Olympique de Marseille berlanjut ke extra time. Di waktu normal Salzburg berhasil unggul 2-0 di Red Bull Arena, membalas kekalahan 0-2 di kandang Marseille.


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)