• KANAL BERITA

Terdegradasinya Deportivo La Coruna Sedikit Mengganggu Valverde

Foto: Aitor Alcalde / Getty Images
Foto: Aitor Alcalde / Getty Images

LA CORUNA, suaramerdeka.com - Meski berhasil mengantarkan Barcelona menjuarai La Liga musim ini, Ernesto Valverde rupanya masih terganggu sesuatu hal. Pasalnya, saat Barcelona merayakan pesta juara, Deportivo La Coruna justru muram karena harus terdegradasi.

"Degradasi Depor sedikit mengganggu. Hal terbaik yang semestinya terjadi adalah menjadi juara dengan mengalahkan tim yang sepadan atau tim yang tak sedang memertaruhkan apapun," kata Valverde seperti dikutip Soccerway.

Kemenangan 4-2 atas Deportivo La Coruna 4-2 di Riazor pada jornada 34 La Liga, Senin (30/4) dini hari WIB, memastikan Barcelona menyegel gelar. Bintang kemenangan Barcelona tak lain adalah Lionel Messi yang sukses mengukir hat-trick.

Kemenangan itu mengamankan posisi Barcelona di puncak klasemen La Liga meski musim masih menyisakan empat laga lagi. Jumlah poin Barca (86) tidak akan bisa dikejar oleh Atletico Madrid, yang tertinggal 11 poin, dengan menyisakan tiga pertandingan.

Di kubu Deportivo, kekalahan dari Barca itu membuat mereka terpaku di zona degradasi, yakni di urutan ke-18 dengan 28 poin dari enam kali menang, sepuluh kali seri, dan 19 kali kalah. Perolehan poin mereka tak mungkin lagi menyamai atau melebihi Levante di posisi 17 yang menjadi ambang batas zona aman, di tiga laga sisa.

Valverde iba dengan kontrasnya situasi di lapangan. "Merayakan titel juara sedangkan di kubu lawan harus terdegradasi ke divisi dua itu sungguh menyakitkan. Kami seharusnya bisa menyelesaikan inid engan cara berbeda, namun sudah terjadi," ujar Valverde.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)