• KANAL BERITA

Pindah Home Base, Black Steel Manokwari Boyong 10 Eks Timnas Futsal

PELUNCURAN TIM: Para pemain, tim pelatih dan offisial Black Steel Manokwari FC foto bersama saat peluncuran tim dan jersey di Atrium Plaza Ambarukmo, Sleman, Selasa (16/1). (suaramerdeka.com / Gading Persada)
PELUNCURAN TIM: Para pemain, tim pelatih dan offisial Black Steel Manokwari FC foto bersama saat peluncuran tim dan jersey di Atrium Plaza Ambarukmo, Sleman, Selasa (16/1). (suaramerdeka.com / Gading Persada)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Salah satu tim peserta Pro Futsal League (PFL) 2018, Black Steel Manokwari FC memutuskan pindah home base ke Sleman. Untuk menghadapi kompetisi futsal tertinggi di Tanah Air, juara Liga Futsal Indonesia 2016 itu pun memboyong banyak eks pemain Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia U-20.

“Ada 10 pemain Timnas Futsal U-20 di tim kami,” tutur Youri Van Der Torren, pelatih kepala Black Steel Manokwari FC saat peluncuran tim dan jersey di Autrium Plaza Ambarukmo, Selasa (16/1).

Youri sendiri sejatinya juga merupakan pelatih Timnas Futsal U-20 termasuk menjadi juru taktik di SEA Games 2017. Bahkan ekspatriat itu juga sempat menjadi asisten Victor J Hermans di timnas yang sama tahun lalu. Dengan merekrut banyak pemain-pemain timnas tersebut, selain membidik juara pada liga nanti, Youri mengaku kerjanya meracik tim akan sedikit lebih ringan.

Di timnya saat ini, sejumlah pemain eks Timnas Futsal U-20 seperti Muhammad Albagir, Ardiansyah Runtuboy dan Syauqi Saud Lubis siap berkolaborasi dengan pemain lainnya. Total ada 16 pemain ditambah dua pemain asing yang sampai saat ini identitasnya masih dirahasiakan. “Tentu akan jadi ringan. Saya sudah tahu karakteristik mereka di timnas kemarin. Tinggal menggabungkannya dengan pemain-pemain lain,” ungkap pria berpaspor Belanda tersebut.

Merendah saat ditanya soal targetnya di Black Steel, mantan juru racik Planet Futsal Sleman ini mengaku punya target jangka panjang yakni membangun tim yang bermayoritaskan para pemain muda. Apalagi dari 16 anak asuhnya, 10 diantaranya masih dalam kategori U-20. Dia pun bangga ketika anak asuhnya nanti pada beberapa tahun ke depan bisa naik level dan bahkan bisa jadi memperkuat tim futsal luar negeri.

Petualangan Black Steel akan dimulai 27-28 Januari nanti ketika dimulainya seri pertama Pro Futsal League di GOR Pangsuma, Pontianak. Bergabung di Grup B, IPC Pelindo akan menjadi lawan perdana Afdal dan kolega setelah itu keesokan harinya melawan Mataram FC. Selain kedua tim tersebut, di Grup B juga terdapat Permata Indah FM Makassar, Bintang Timur Surabaya, Kancil BBK, DLS Banyumas dan SDR FC Binjai.


(Gading Persada /CN26/SM Network)

  • Tags
Berita Terkait
Komentar