• KANAL BERITA

Soal Penalti, Pioli Soroti Keputusan Wasit

Foto: Daniele Mascolo / PhotoViews
Foto: Daniele Mascolo / PhotoViews

MILAN, suaramerdeka.com - Pelatih AC Milan, Stefano Pioli menyoroti keputusan penalti yang diberikan wasit kala timnya bersua Juventus pada leg I semifinal Coppa Italia. Penalti di menit-menit akhir itu membuyarkan kemenangan Milan atas Juventus. Sebelumnya, Pioli melihat adanya pelanggaran terhadap Zlatan Ibrahimovic sebelum insiden.

"Saya pertama-tama dan yang paling utama marah karena ada pelanggaran terhadap Ibrahimovic sebelumya. Plus, saya ingat para wasit diperlihatkan cuplikan penalti di laga Cagliari-Brescia pada awal musim dan bilang merupakan kesalahan menghadiahkannya, karena pemain tak bisa melihat bola yang datang," sambung Pioli, sebagaimana dilansir Football Italia..

Menjamu Juventus di San Siro, Milan lebih dulu berkat Ante Rebic di menit ke-61. Sayang di menit akhir, mereka dihukum penalti karena bola hasil tendangan salto Ronaldo mengenai tangan Davide Calabria. Keputusan ini memicu perdebatan karena Calabria dinilai tidak melihat arah datangnya bola akibat membelakangi Ronaldo.

"Oleh karena itu saya tak melihat sesuatu yang berbeda dengan situasi ini, karena Calabria tak bisa melihatnya. Alberti Cerri (Pemain Cagliari yang kini dipinjamkan ke SPAL), dalam situasi kala itu, melompat dan tidak bisa merapatkan tangannya, Anda kan harus memakai tangan ketika melompat," kata Pioli.

Wasit lantas meninjau VAR dan tetap memberikan penalti pada Juventus dan sukses dieksekusi Cristiano Ronaldo menjadi gol. "Dia tak punya waktu untuk merapatkan tangannya ke posisi awal. Saya cuma berharap kita bisa mendapatkan ide lebih jelas atas apa saja yang merupakan penalti dan yang tidak. Anda bisa berpendapat itu tembakan yang on target, tapi saya tak terlalu yakin percobaan Ronaldo saat itu mengarah ke gawang," kata pelatih 54 tahun ini.

Milan tampil disiplin dan sigap melihat celah di pertandingan kali ini, menembakkan 21 percobaan dengan 11 di antaranya on target seperti dicatat whoscored. Juventus, yang mencatatkan penguasaan bola sebesar 62 persen, malah cuma punya 14 tembakan dengan empat yang mengarah ke gawang. Sayang kartu merah Theo Hernandez pada menit 71. mengubah permainan Milan

"Saya bilang ke para pemain untuk meninggalkan lapangan tanpa penyesalan. Saya bisa bilang, mereka bakal tak merasakan penyesalan. Saya sangat bangga dengan penampilan mereka, begitu juga para fan Milan. Kami sejak awal menginginkan kemenangan, kami ada di posisi kuat untuk mewujudkannya. Tapi ini baru leg pertama dan kami akan mencoba tampil lebih baik di leg kedua," ungkap Pioli kepada Rai Sport usai laga.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)