• KANAL BERITA

Valverde Buka Peluang Kembali Melatih

Foto: AFP / Getty Images
Foto: AFP / Getty Images

BILBAO, suaramerdeka.com - Usai diberhentikan sebagai pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mencoba bangkit, sekaligus membuka peluang untuk kembali ke pinggir lapangan sebagai pelatih.

"Melatih Barcelona adalah pengalaman luar biasa, saya senang pernah ada di sana. Tapi ketika Anda menandatangani kontrak, Anda sudah tahu kalau segalanya tergantung hasil dan pelatih akan selalu bertanggung jawab. Saya tidak berpikir soal apakah saya merasa diperlakukan tidak adil, apa bagusnya, sih, menengok ke belakang?" kata Valverde seperti dilansir Marca.

Setelah 2,5 tahun melatih, pelatih 56 tahun itu kehilangan posisinya sebagai pelatih Barcelona pada Januari lalu. Bersama Valverde, Barcelona sukses meraih empat trofi. Namun, kritikan demi kritikan tetap diterimanya terlebih usai kegagalan Barcelona di Liga Champions. Usai dipecat, eks pelatih Athletic Bilbao itu siap membuka lembaran baru sekaligus menantikan kesempatan lain untuk melatih lagi.

"Saya tertarik untuk terus jalan ke depan, meski saya masih belum mengambil keputusan, mungkin saya akan berpetualang. (Andres) Iniesta banyak memberi tahu saya soal Jepang, saya berencana untuk ke sana dan melihat beberapa tim. Saya ingin bersama pelatih lain dan mendiskusikan persoalan dan situasinya dengan mereka," tandasnya.

Valverde bicara soal kesibukannya usai dipecat Barcelona. Mantan pelatih Bilbao dan Espanyol itu mengaku tak banyak mengikuti sepak bola. Dia mengaku hanya satu pertandingan saja yang ditontonnya sejauh ini. Itu adalah laga Bilbao vs Barcelona di perempatfinal Copa del Rey. Laga itu dimenangi Bilbao dengan skor 1-0.

"Saya tak banyak menonton sepak bola dalam beberapa pekan terakhir, satu-satunya pertandingan yang saya tonton penuh adalah Athletic Bilbao melawan Barcelona di Copa del Rey. Saya sudah mencoba untuk memberi jarak antara diri saya dan sepak bola. Ketika Anda di klub, Anda bergerak 200 mil per jam, kemudian semuanya tiba-tiba berhenti. Rasanya sulit melihat tim yang belum lama ini dilatih ketika Anda mencoba untuk menjauh," ujar Valverde seperti dilansir Marca.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)