• KANAL BERITA

Barcelona Tumbang di Kandang Valencia

Foto: reuters
Foto: reuters

VALENCIA, suaramerdeka.com - Hasil negatif dipetik Barcelona usai takluk 0-2 dari Valencia pada laga pekan 21 Liga Spanyol di Mestalla, Sabtu (26/1) malam. Dua gol penentu kemenangan Valencia dicetak melalui bunuh diri Jordi Alba serta Maxi Gomez.

Bermain di kandang lawan, Barcelona dihukum penalti pada menit 10, usai Gerard Pique menjatuhkan Jose Gaya. Maju sebagai eksekutor, Maxi Gomez gagal mencetak gol usai arah sepakannya bisa ditepis Ter Stegen. Menit 19, kerja sama Daniel Wass dan Ferran Torres berakhir dengan sebuah umpan ke kotak penalti, lalu coba dihalau Sergi Roberto, namun membentur kaki Pique dan mengarah ke gawang. Beruntung bagi Barcelona, Ter Stegen dengan sigap menghentikannya.

Barcelona mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Valencia dan sayangnya, eksekusi Lionel Messi melambung di atas mistar gawang. Ter Stegen kembali jadi penyelamat Barcelona usai melakukan dua penyelamatan beruntun untuk menepis sepakan Gomez, dan bola membentur tiang. Bola muntah dibelokkan Carlos Soler ke Kevin Gameiro yang mencoba menyambar dengan tendangan voli namun dihalau Ter Stegen.

Sampai babak pertama usai, tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim. Di babak kedua, Barcelona langsung mengambil inisiatif menyerang. Bekerja sama dengan Messi, Ansu Fati masuk ke kotak penalti Valencia dan melepaskan tembakan dengan kaki kanan, namun bola melebar.

Menit 48, Valencia membuka keunggulan usai sepakan Gomez dari sisi kanan kotak penalti, membentur Jordi Alba dan tak bisa diantisipasi Ter Stegen. Barcelona yang mencoba mencetak gol balasan kemudian memegang kendali permainan, namun kesulitan menciptakan peluang.

Yang ada  Barcelona justru kembali kebobolan pada menit ke-77, setelah Torres melepas umpan kepada Gomez yang berdiri bebas di sisi kiri kotak penalti Barcelona. Bola dikontrol Gomez sejenak sebelum melepaskan tembakan ke arah gawang. Ter Stegen yang mati langkah tak bisa mengantisipasinya.

Valencia sempat bikin gol ketiga pada menit ke-82. Gabriel menjebol gawang Barcelona lewat tendangan voli meneruskan tendangan sudut dari Soler. Namun wasit menganulir gol tersebut karena menilai ada pelanggaran kepada Busquets. Skor 2-0 untuk kemenangan Valencia tetap bertahan.

Ini jadi kekalahan keempat Barcelona dari 21 pertandingan di Liga Spanyol. Meski masih di puncak klasemen Liga Spanyol dengan 43 poin, mereka terancam disalip Real Madrid punya jumlah poin sama dan baru akan bertanding melawan Real Valladolid pada Senin (27/1) dini hari WIB. Sementara itu, tambahan tiga poin dari laga ini mengangkat Valencia ke peringkat kelima, dengan 34 poin dari 21 laga.


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)