• KANAL BERITA

Soal Pemecatan Valverde, Barcelona Dinilai Kurang Profesional

Foto: AFP / Getty Images
Foto: AFP / Getty Images

BARCELONA, suaramerdeka.com - Pemecatan Ernesto Valverde sebagai pelatih Barcelona, mendapat kecaman dari eks pemainnya, Rivaldo. Situasi semacam itu, kata Rivaldo, harusnya bisa dihindari tim sekaliber Barcelona.

"Sudah jelas Barcelona tidak menangani pergantian manajer ini dengan baik. Mereka sedikit naif dan mungkin kurang menghormati Valverde; tidak pernah positif untuk memulai negosiasi dengan manajer baru sedangkan manajer yang sekarang masih bekerja. Sudah pasti, Xavi dan Ronald Koeman menolak tawaran mereka juga menambah masalah sehingga menciptakan banyak spekulasi, sebelum mereka pada akhirnya mengumumkan Quique Setien," ujar Rivaldo kepada Betfair, yang dikutip Mirror.

Tersingkirnya Barcelona dari Piala Super Spanyol, membuat Valverde terdepak dari jabatannya. Namun kalau ditelaah, di tangan Valverde, Barcelona tidak buruk-buruk amat di musim ini karena masih memuncaki klasemen sementara Liga Spanyol dan masih bertahan di Liga Champions.

Yang menjadi sorotan, Barca tidak menyiapkan cartetaker sebelum menunjuk pelatih baru, bahkan mendekati Ronald Koeman, Xavi Hernandez, dan Mauricio Pochettino padahal Valverde masih aktif melatih.

"Sepak bola itu adalah sebuah bisnis yang kejam, sudah pasti. Tapi kita semua tahu bahwa prosesnya tidak ditangani dengan baik oleh manajemen Barca. Klub-klub seperti Barcelona atau Real Madrid seharusnya memiliki manajer cadangan agar terhindar dari situasi semacam itu," sembur Rivaldo.

Usai para pelatih incarannya menolak, Barcelona akhirnya mengumumkan Quique Setien sebagai suksesor Valverde. Rivaldo menilai tindakan Barcelona kurang profesional. "Ya, memang tidak elok berbicara kepada manajer lain sebelum benar-benar ingin merekrut mereka, tapi kalau Anda mampu mengetahui satu atau dua target realistis yang mungkin akan menerima tawaran ketika datang, Anda bisa menghindari situasi yang sulit seperti ini," simpul Pemain Terbaik Dunia 1999 itu.

Setien akan mengawali debutnya membesut Barcelona dalam laga kandang Liga Spanyol melawan Granada, Senin (20/1) dinihari WIB.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)