• KANAL BERITA

Kalahkan Middlesbrough, Tottenham Lolos ke Babak Empat Piala FA

Foto: Action Images via Reuters
Foto: Action Images via Reuters

LONDON, suaramerdeka.com - Tottenham Hotspur melaju ke babak keempat Piala FA usai menang 2-1 atas Middlesbrough pada laga replay babak ketiga di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu (15/1) dini hari. Giovani Lo Celso membuka keunggulan Tottenham di menit kedua, lalu digandakan Erik Lamela. Middlesbrough hanya mampu memperkecil ketertinggalan melalui gol George Seville di menit ke-81.

Main di kandang sendiri Tottenham mampu unggul cepat ketika laga baru berjalan dua menit setelah kiper Middlebrough Thomas Mejias salah mengumpan bola sehingga Giovani Lo Celso untuk mencetak gol melalui sepakan mendatar terukur ke sudut kiri gawang Boro.

Usai kebobolan, Boro mengancam pada menit ke-14 lewat aksi Lukas Nmecha usai mengecoh Japeth Tangana lalu melepas tembakan dari dalam kotak penalti dan masih mampu diredam oleh Paulo Gazzaniga.

Satu menit berselang justru The Lillywhites yang mampu menggandakan keunggulan, usai Lamela menusuk dari sektor tengah untuk menerobos lini pertahanan Middlesborough lalu melepas tembakan yang mampu menaklukan Mejias.

Unggul 2-0, tuan rumah semakin nyaman dalam menguasai jalannya pertandingan. Di menit ke-34, Tottenham punya peluang untuk memperlebar keunggulan melalui sepakan bebas Eriksen yang bisa diredam Mejias. Skor 2-0 untuk keunggulan Spurs bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Middlesbrough lebih berani tampil menyerang untuk mengejar ketertinggalan. Peluang emas mereka miliki di menit ke-63, melalui pergerakan Nmecha namun bisa dipotong Gazzaniga. Ancaman kembali dihadirkan oleh Middlesbrough di menit ke-77 melalui sepakan jarak jauh George Seville, namun membentur salah seorang pemain Tottenham.

Middlesbrough akhirnya mampu mencetak gol di menit ke-83 usai sepakan mendatar Seville dari luar kotak penalti tak kuasa dibendung oleh Gazzaniga skor berubah 2-1 masih untuk keunggulan Tottenham.

Tottenham berhasil mempertahankan keunggulan di sisa waktu yang ada dan skor 2-1 untuk Spurs bertahan hingga laga tuntas. Kemenangan ini membawa Tottenham melaju ke babak keempat Piala FA. Di babak keempat, mereka sudah ditunggu oleh Southampton pada 25 Januari mendatang di St Marry Stadium.


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)