• KANAL BERITA

Pemecatan Valverde Membawa Barcelona Memutus Sebuah Tren

Foto: AFP / Getty Images
Foto: AFP / Getty Images

BARCELONA, suaramerdeka.com - Pemecatan Ernesto Valverde membawa Barcelona memutus sebuah tren, di mana Valverde menjadi pelatih pertama yang diberhentikan dalam hampir dua dekade. Pemecatan eks pelatih Athletic Bilbao dan Valencia itu disebut AS, menandai pemecatan pelatih pertama yang dilakukan Barca dalam 17 tahun. Pelatih terakhir yang didepak Barcelona adalah Louis van Gaal pada 26 Januari 2003.

Saat itu, Barca asuhan Van Gaal tertinggal 20 poin di belakang pemimpin klasemen Liga Spanyol Real Sociedad, dan hanya berjarak tiga poin dari zona degradasi dengan menempati urutan 12. Bahkan, mereka tersingkir dari Copa del Rey usai dieliminasi Novelda.

Di sisi lain, Valverde didepak lebih awal dari kontrak yang seharusnya akan berakhir pada musim panas 2020. Keputusan itu diambil tidak lama setelah Barcelona disingkirkan Atletico Madrid di semifinal Piala Super Spanyol usai kalah 1-2.

Pemecatan pelatih 55 tahnun itu, terjadi kala Barcelona masih memimpin Liga Spanyol, lolos ke fase knockout Liga Champions, serta telah mempersembahkan dua titel liga. Namun, posisi Valverde sudah cukup lama tidak aman setelah hasil buruk Barcelona dalam setahun belakangan, terutama di Liga Champions.

Posisi Valverde digantikan Quique Setien, yang pernah menangani tim-tim Spanyol macam Las Palmas, Racing Santander, dan Real Betis. Sementara itu, pelatih asal Serbia Radomir Antic kemudian menggantikan Van Gaal di sisa musim. Sejak saat itu, setiap pelatih Barcelona pergi di akhir kontraknya, di mulai dari Frank Rijkaard lalu Pep Guardiola, dan Luis Enrique.

Adapun Tito Vilanova dan Gerardo Martino sama-sama mengundurkan diri, sebelum pos pelatih Barca diduduki Valverde pada Mei 2017.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)