• KANAL BERITA

Teken Kontrak Baru, Klopp Tangani Liverpool hingga 2024

Foto: EPA
Foto: EPA

LIVERPOOL, suaramerdeka.com - Juergen Klopp masih akan lama menangani Liverpool, setelah meneken kontrak baru hingga lima tahun ke depan atau tahun 2024. Selain Klopp, dua asistennya, Peter Krawietz dan Pep Linjders, juga diperpanjang dengan durasi yang sama.

"Bagi saya pribadi, ini adalah bukti dari sebuah hasrat, salah satunya adalah yang sudah kami sejauh ini dan apa yang akan kami bisa dapatkan ke depannya. Ketika saya melihat perkembangan klub ini dan juga kerja keras yang kami sudah lakukan, saya merasa bisa memberi kontribusi lebih lagi," ujar Klopp di situs resmi klub.

Kontrak lama Klopp sendiri berakhir pada 2022 dan masa depannya sempat menjadi spekulasi. Rumor itu selalu muncul sejak musim panas lalu karena Klopp disebut-sebut bakal meneruskan karier sebagai pelatih Timnas Jerman tiga tahun lagi, plus godaan dari Bayern Muenchen.

Gerak cepat pun diambil Liverpool untuk membentengi Klopp dengan kontrak baru dan kesepakatan itu akhirnya dicapai, Jumat (13/12) sore WIB. Klopp memperpanjang masa tinggalnya di Anfield hingga lima tahun ke depan alias 2024.

"Orang-orang melihat hasil di lapangan sebagai tolok ukur perkembangan, dan meski itu adalah tolok ukur terbaik, sebenarnya bukan hanya itu saja. Saya melihat komitmen penuh dari pemilik klub di setiap aspek dan fungsi klub ini. Ketika saya diminta melatih pada musim semi 2015, saya merasa kami saling melengkapi satu sama lain; saya sempat meremehkan itu. Hanya dengan keyakinan dari kedua pihak, maka saya bisa memutuskan untuk lanjut hingga 2014. Jika tidak, maka saya tidak meneken kontrak baru."

Klopp melatih Liverpool sejak Oktober 2015 dan sudah melalui 234 pertandingan dengan 139 kemenangan, 57 imbang, dan 38 kalah. Klopp sudah mempersembahkan gelar Liga Champions dan Piala Super Eropa. Saat ini Liverpool memuncaki klasemen Liga Inggris dengan 46 poin dari 16 laga dan belum terkalahkan, unggul delapan poin dari Leicester City di posisi kedua.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)