• KANAL BERITA

Gattuso Targetkan Napoli Bisa Masuk ke Empat Besar Serie A

Foto: sscnapoli
Foto: sscnapoli

NAPLES, suaramerdeka.com - Usai resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Napoli, Gennaro Gattuso menargetkan timnya bisa masuk lagi ke zona Liga Champions. "Tujuan saya ialah meraup poin dan kembali ke posisi Liga Champions. Kami butuh kerja keras, memenangkan kembali poin-poin, serta melalui masa sulit ini," ujar Gattuso dikutip dari akun resmi Twitter Napoli.

Napoli mendapuk pelatih berusia 41 tahun tersebut sebagai pelatih anyar menggantikan posisi Carlo Ancelotti yang sebelumnya dipecat dari San Paolo, Rabu (11/12). Hal itu tak lepas dari pencapaian buruk I Partenopei di Serie A.

Hingga pekan ke-15 liga musim ini, Napoli masih duduk di peringkat ketujuh klasemen Liga Italia dengan 21 poin. Partenopei baru memenangi lima laga, enam imbang, serta empat kali kalah. Maka dari itu, demi lolos ke Liga Champions, Gattuso menyebut jika tujuannya menangani Napoli adalah membawa Dries Mertens dkk ke jajaran empat besar.

"Sangat memalukan melihat Napoli di papan klasemen saat ini. Tim ini seharusnya bisa finis di posisi empat besar. Tim ini sadar dengan situasi sulit dan ingin melakukan yang terbaik, saya jadi terpacu. Saya tidak takut apa pun, saya tahu jika saya akan bekerja dengan orang-orang berpengalaman. Saya harap bisa mendapatkan hasilnya," kata Gattuso.

Mengutip laman resmi Napoli, Gattuso sudah menjalankan sesi latihan perdananya bersama tim, sebelum pengumuman resmi dirinya sebagai pelatih baru klub. Gli Azurri tengah mempersiapkan diri untuk laga menghadapi Parma di Liga Italia, Minggu (15/12). Uniknya,  Gattuso sempat bertemu Ancelotti dan meminta saran untuk bisa membawa Napoli ke arah yang lebih baik.

"Kami bicara pagi ini, meski saya ingin berbicara dengannya semalam. Beberapa hari ini memang tidak mdah. Saya harus menjelaskan beberapa hal kepadanya dan menjelaskan keputusan saya," ujar Gattuso seperti dikutip Sportskeeda.

Perlu diketahui, Gattuso adalah mantan pemain asuhan Ancelotti dan bahu-membahu memberikan 10 gelar, termasuk dua titel Serie A dan dua Liga Champions.

"Saya besar bersama Ancelotti - kami sudah memenangi banyak gelar bersama-sama. Enam tahun lalu, saya mulai melatih dan saya selalu menghubunginya ketika kesulitan; Dia selalu ada buat saya dan sangat baik. Dia mengonfirmasinya hari ini. Dia bilang kepada saya soal apa yang harus ditingkatkan dan sekali lagi dia menunjukkan sebagai pria yang hebat."

"Dia sangat terbuka, kami bicara dan cukup untuk saya saja. Apa yang dikatakannya itu sangat penting untuk saya. Tapi jangan bandingkan saya. Dia memenangi segalanya, saya pelatih muda dan saya ingin menunjukkan hal lebih. Saya berharap bisa meraih 10 persen dari total trofinya."


(Andika Primasiwi, DS/CN26)