• KANAL BERITA

Kalahkan Tottenham, Bayern Muenchen Akhiri Fase Grup dengan Sempurna

Foto: AFP / Getty Images
Foto: AFP / Getty Images

MUENCHEN, suaramerdeka.com - Bayern Muenchen menutup fase grup dengan sempurna usai menang 3-1 atas Tottenham Hotspur di Allianz Arena, Kamis (12/12) dini hari. Tiga gol Muenchen dicetak Kingsley Coman, Thomas Mueller dan Philippe Coutinho, sedang satu gol Spurs dicetak Ryan Sessegnon.

Langsung menekan sejak menit awal, Muenchen mendapat peluang di menit 12, kala crossing Alphonso Davis disambut Benjamin Pavard dengan tendangan voli, tapi bisa diantisipasi Paulo Gazzaniga. Thiago Alcantara yang mencecar bola rebound gagal menemui sasaran.

Dua menit berselang, Muenchen membuka keunggulan setelah Gnabry menusuk dari sisi kanan lalu menyodorkan bola ke kiri dan dituntaskan Coman dengan tembakan mendatar kaki kanan yang bersarang di sudut bawah gawang. Hanya berselang dua menit, Spurs bisa menyamakan skor.Giovanni Lo Celso mengirim umpan terobosan yang berbelok arah setelah mengenai Jerome Boateng, lalu dituntaskan Sessegnon dengan tembakan voli tanpa bisa dijangkau Neuer.

Peluang kembali didapat Muenchen melalui sepakan keras Coutinho dari jarak jauh dan Gazzaniga bisa men-tip bola dengan jari-jarinya kemudan bola memantul mengenai mistar gawang. Menit 38, Gnabry nyaris mencetak gol namun sepakan terukurnya hanya menghantam tiang gawang.

Di menit ke-45, Mueller menciptakan gol untuk membawa Bayern memimpin 2-1, di mana gol diawali dari manuver Gnabry lalu diteruskan dengan sepakan Davies sehingga bola membentur gawang. Bola rebund disambar Mueller.

Setelah restart, dominasi Bayern terus berlanjut. Bayern mengancam pertahanan Tottenham melalui Coutinho dan Perisic. Gol ketiga Bayern akhirnya datang juga di menit ke-64. Sodoran Davies diterima Coutinho di tepi kotak penalti, yang mengontrol bola sekali sebelum melepaskan tembakan ke arah tiang jauh yang menembus gawang Tottenham.

Tottenham kesulitan untuk menciptakan peluang. Bayern hampir mencetak gol keempatnya di menit-menit akhir pertandingan. Gnabry mencoba mengukir namanya di papan skor tapi sepakannya diblok. Tusukan Coutinho diakhiri dengan tembakan yang memaksa Gazzaniga men-tip bola ke atas gawang.

Di masa injury time, Tottenham memaksa Neuer melakukan penyelamatan. Dari kerjasama dengan Christian Eriksen, Son Heung-min menembus kotak penalti Bayern sebelum melakukan sepakan meski bisa diredam. Skor 3-1 bertahan hingga laga berakhir. Dengan kemenangan ini, Bayern membukukan 100 persen kemenangan di babak 32 besar. Bayern menegaskan diri sebagai Grup C dengan perolehan 18 poin dari enam laga, sedangkan Tottenham mengumpulkan 10 poin di posisi kedua.


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)