• KANAL BERITA

Gandeng PS Undip, SMA Sultan Agung 1 Buka Kelas Olahraga

KELAS OLAHRAGA: Kepala SMA Sultan Agung 1 Semarang, Hj dra Siti Mubarokatut Darojati MSi (depan kiri) bersama Kabid Pembinaan dan Prestasi PS Undip, Sumardi Widodo (depan dua dari kanan) berfoto bersama dalam prosesi peluncuran kelas olahraga di tahun ajaran 2020/2021 mendatang di lapangan sekolah setempat. (suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun)
KELAS OLAHRAGA: Kepala SMA Sultan Agung 1 Semarang, Hj dra Siti Mubarokatut Darojati MSi (depan kiri) bersama Kabid Pembinaan dan Prestasi PS Undip, Sumardi Widodo (depan dua dari kanan) berfoto bersama dalam prosesi peluncuran kelas olahraga di tahun ajaran 2020/2021 mendatang di lapangan sekolah setempat. (suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun)

SEMARANG , suaramerdeka.com -  SMA Sultan Agung 1 (Sula 1) Semarang menggandeng Pendidikan dan Latihan (Diklat) Diponegoro Muda yang berada dalam naungan Persatuan Sepak Bola Universitas Diponegoro (PS Undip) untuk membuka kelas olahraga di sekolahan setempat pada tahun ajaran 2020/2021 mendatang. Kesepakatan  Memorandum of Understanding  (MoU) antar keduanya diluncurkan di halaman SMA Sula 1, Senin (9/12).

Kepala SMA Sula 1 Semarang, Hj dra Siti Mubarokatut Darojati MSi mengatakan sebelum memutuskan kerja sama ini, pihaknya bertahun-tahun kerap dititipi satu hingga dua atlet berprestasi. Mulai dari cabang olahraga (cabor) squash, wushu, dan beberapa atlet dari klub Tugu Muda.

''Tuntutan latihan intens mereka ini dari pelatih, membuat kegiatan di sekolahnya tidak seperti siswa-siswi yang lain. Apalagi jika mendekati momen lomba, persiapan makin intens dan mengakibatkan mereka berangkat dan pulang sekolah tidak seperti teman-temannya,'' kata Siti.

''Untuk itu, kami ingin fasilitasi, sebab mereka pahlwan sekolah dan Kota Semarang dengan prestasi non-akademik yang diraih. Seringnya dititipi atlet ini membuat kami beberapa waktu lalu punya wacana mengumpulkan dalam satu kelas yakni kelas olahraga. Embrionya bekerja sama dengan Diponegoro Muda yang dimiliki PS Undip,'' lanjutnya

Adanya kelas olahraga ini nantunya, guru juga diharapkan dalam mengelola kelas mudah menyikapi tambahan pelajaran bagi siswa yang disibukkan dengan jadwal latihan. Saat ini kelas X di SMA Sula 1 ada 10 ruang kelas. Satu kelas dari jumlah tersebut, tahun depan akan difungsikan sebagai kelas olahraga.

''Adanya sistem zonasi tahun ini membuat ruang kelas kami untuk kelas X hanya 10 saja. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang mencapai 11 ruang kelas. Semoga adanya kelas olahraga ini juga menambah minat calon murid ke depan. Kuota satu kelas olahraga nantinya 36 siswa maksimal,'' jelas Siti.

Keuntungan

Selama ini SMA Sula 1 juga memberikan beberapa  keuntungan bagi siswa berprestasi. Seperti potongan-potongan biaya uang muka ketika masuk hingga membebaskan biaya tersebut jika ada siswa berprestasi nasional. Siti juga memberikan tunjangan SPP 50 persen bagi siswa berprestasi dengan dana BOS yang dikelola sekolahnya.

''Harapan kami setelah kelas olahraga dari sepak bola ke depan, olahraga lain juga bisa masuk. Adanya kelas olahraga ini saya harap juga meningkatkan prestasi sepak bila SMA Sultan Agung yang baru meraih peringkat ke-3 di Kota Semarang menjadi juara ke depan,'' tandas Siti.

Sementara itu Kabid Pembinaan dan Prestasi PS Undip, Sumardi Widodo sangat menyambut baik kerja sama ini. Sebab sekitar 15-an anak pesepak bola muda di diklatnya ada di kelas IX SMP yang berbeda-beda sekolah. Adanya kelas olahraga ini diharapkan para siswa ini bisa masuk ke SMA Sula dan berada dalam satu kelas. Sehingga saat ada persiapan kejuaraan, koordinasi dengan pihak sekolah mudah dilakukan.

''Diklat ini sudah berjalan satu tahun. Tujuannya mewadahi potensi atlet sepak bola berprestasi di kota semarang dan Jawa Tengah. Sebab usai anak-anak ini dari Sekolah Sepak Bola semasa kecil tidak banyak ada klub yang menampung mereka di usia remaja. Untuk itu diklat ini didirikan dan adanya kerja sama dengan SMA Sula membuat jalan mereka untuk terus berprestasi terbuka,'' kata Widodo


(M Alfi Makhsun/CN26/SM Network)