• KANAL BERITA

Pakai Format Baru, Piala Super Spanyol Bakal Digelar di Arab Saudi

MADRID, suaramerdeka.com - Format baru akan dipakai di Piala Super Spanyol, pada 2020 yang mulai tahun depan sampai 2022 diselenggarakan di Arab Saudi. Piala Super Spanyol 2020 akan digelar pada awal Januari di Stadion Raja Abdullah, Jeddah.

Empat tim akan berlaga di kompetisi itu, di mana dari hasil undian mempertemukan Valencia vs Real Madrid dan Barcelona vs Atletico Madrid. Valencia vs Madrid akan membuka Piala Super Spanyol pada 8 Januari, lalu Barcelona bersua Atletico sehari berselang.

Masing-masing pemenang dua pertandingan itu akan bertarung memperebutkan trofi juara pada 12 Januari. Keputusan RFEF (Federasi Sepakbola Spanyol) menggelar turnamen itu di Arab Saudi menentang imbauan Presiden UEFA yang menyarankan agar laga-laga sepakbola tidak digelar di negara yang tidak menghormati hak-hak dasar perempuan.

Adapun Amesti Internasional serta politikus-politikus Italia juga memprotes terkait pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, yang diduga dilakukan atas perintah Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Namun, RFEF menjamin bahwa pertandingan-pertandingan Piala Super Spanyol bisa ditonton secara langsung oleh suporter perempuan secara bebas. Hal itu masuk dalam kesepakatan kontrak dengan otoritas Arab Saudi. "Perempuan Arab Saudi akan diperbolehkan menyaksikan tiga pertandingan itu secara bebas, tanpa batasan dan memakai pakaian apapun yang dirasa pantas," ujar RFEF, dikutip AS.

"Tidak akan ada sebuah area di stadion yang secara khusus disediakan untuk mereka dan hal itu tertulis di dalam kontrak. Ini tidak akan menjadi Piala Super yang memalukan. Kami sudah menjalin sebuah kesepakatan dengan Federasi Arab Saudi untuk juga menggelar turnamen sepakbola putri di sana dan itu adalah sesuatu yang akan kami lakukan."


(Andika Primasiwi, DS/CN26)