• KANAL BERITA

Ketergantungan Barcelona kepada Messi Semakin Besar

Foto: Eric Alonso/MB Media/Getty Images
Foto: Eric Alonso/MB Media/Getty Images

BARCELONA, suaramerdeka.com - Ketergantungan Barcelona pada sosok Lionel Messi disebut Arsene Wenger semakin besar. Hal ini berimbas pada belum memuaskannya performa yang mereka tunjukkan di awal musim 2019/20.

"Mereka (Barcelona) punya sejarah sebagai tim brilian yang bermain secara kolektif, dan Messi menjadi puncak dari semuanya untuk membuat perubahan. Tapi saat ini sepertinya mereka bermain dengan hanya menunggu Messi," ujar Wenger seperti dikutip Marca.

Terbaru, Barcelona gagal meraih kemenangan usai diimbangi Slavia Praha dalam matchday empat Liga Champions, Rabu (6/11) dinihari WIB. Itu menjadi hasil negatif kedua secara beruntun bagi tim asuhan Ernesto Valverde, setelah sebelumnya dikalahkan Levante 1-3 di Liga Spanyol akhir pekan lalu.

Secara keseluruhan, penampilan Barcelona di laga itu memang tak baik di mana mereka sebenarnya mencatat 14 tembakan. Tak hanya itu, lini serang mereka pun terlalu bertumpu pada Messi. Dari 14 tembakan yang dilesakkan Barca, delapan di antaranya diciptakan oleh La Pulga. Ousmane Dembele dan Antoine Griezmann bahkan tak memiliki peluang sama sekali.

Messi pun sejauh ini menjadi pencetak gol kedua terbanyak Barcelona dengan enam gol di seluruh ajang, hanya kalah dari Suarez yang sudah membuat delapan gol. Padahal, Messi sempat absen di awal musim karena cedera. Barcelona saat ini diakui Wenger, sudah tak semenakutkan dulu.

"Mereka dulunya tim yang fantastis, tapi kini mereka sudah kehilangan karisma dan mereka harus berpikir seberapa besar pengaruh kegagalan di Liga Champions musim-musim sebelumnya pada mereka. Dilihat dari luar, kelihatannya mereka sudah kehilangan karisma," demikian pria asal Prancis itu.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)