• KANAL BERITA

SEAFT Championship Jawa Tengah Siap Digelar di 15 Titik

FOTO BERSAMA: Panitia SEAFT Championship Jawa Tengah berfoto bersama usai melakukan bimbingan teknis pelaksanaan di Medoho Resto Cafe Kota Semarang,. (suaramerdeka.com / dok)
FOTO BERSAMA: Panitia SEAFT Championship Jawa Tengah berfoto bersama usai melakukan bimbingan teknis pelaksanaan di Medoho Resto Cafe Kota Semarang,. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Babak kualifikasi South East Asia Football Talent (SEAFT) Championship siap digelar di 15 titik penyelenggaraan di Jawa Tengah. Rencananya kejuaraan sepak bola usia dini ini akan digelar pada November 2019 hingga Januari 2020 mendatang.

Koordinator SEAFT Championship Jateng, Darmaji mengatakan ajang ini akan diikuti para pesepak bola kelahiran 2010 dan 2008. Nantinya, lanjut Darmaji, juara dari tiap titik penyelenggaraan, akan bertanding ke tingkat nasional. Dengan kata lain, akan ada 15 tim usia 2010 dan 15 tim usia 2008 yang akan mewakili Jateng ke final SEAFT Nasional.

''Babak kualifikasi di Jawa Tengah akan digelar di Kota Semarang, Kendal, Demak, Grobogan, Cepu, Pekalongan, Banyumas, dan Banjarnegara. Lalu juga dipertandingkan di Purworejo, Magelang, Ambarawa (Kabupaten Semarang-Red), Salatiga, Klaten, Solo dan Sragen,'' kata Darmaji, Minggu (20/10).

Disebutkan, untuk final SEAFT Nasional untuk kelompok usia kelahiran 2008 akan digelar di Madiun pada 29 Februari 2020-1 Maret 2020. Sementara untuk kelahiran 2010, final SEAFT Nasional akan diadakan di Kota Semarang pada 22-23 Februari 2020. ''Juara tiap titik nantinya akan bertanding langsung ke tingkat nasional. Dimana juara tingkat nasional akan mewakili SEAFT Indonesia ke SEAFT International Cup di Malaysia pada bulan April 2020,'' lanjutnya.

Sekjen Panpelnas SEAFT Indonesia, Arief Budi Kusuma menyampaikan tim juara nasional yang dikirim ke Malaysia nantinya, seluruh biaya akan ditanggung oleh SEAFT Indonesia. Termasuk diberikannya uang saku bagi 12 pemain dan seorang pelatih. ''SEAFT Indonesia akan menjadi jalan bagi anak-anak Indonesia untuk bisa bertanding ke luar negeri secara gratis. SEAFT merupakan komunitas sepakbola usia dini yang anggotanya terdiri dari Negara-negara ASEAN ditambah China dan Australia,'' kata Arief.

Dikatakan lebih lanjut, SEAFT Championship merupakan kalender tahunan, yang mempertandingkan sepakbola anak usia 10, 12, 13, 14,dan 16 tahun.  Event ini juga dihadiri pemandu bakat dari negara-negara Eropa.


(M Alfi Makhsun/CN26/SM Network)