• KANAL BERITA

Stefano Pioli Resmi Jadi Pelatih Baru AC Milan

Foto: acmilan.com
Foto: acmilan.com

MILAN, suaramerdeka.com - AC Milan resmi menunjuk Stefano Pioli sebagai pelatih baru dan dikontrak hingga 2021. Pengangkatan Pioli itu diumumkan Milan di situs resminya, Rabu (9/10) sore WIB. "Klub mendoakan yang terbaik untuk Stefano dan staf pelatih," demikian pernyataan resmi klub.

Usai memecat Marco Giampaolo menyusul serangkaian hasil buruk, Pioli memang sudah kencang dikabarkan akan diangkat sebagai pengganti. Saat ini, Milan terpuruk di posisi ke-13 karena baru menang tiga kali dan kalah empat kali.

Bagi Pioli sendiri, ini adalah kedua kalinya dirinya menangani tim asal Milan, setelah Inter Milan di musim 2016/2017. Namun, Pioli sebenarnya bukan sosok yang ternyata diterima dengan baik oleh fans Milan, yang bahkan langsung mengadakan penolakan besar-besaran saat namanya masuk sebagai kandidat.

Persoalannya bukan karena dia mantan pelatih Inter, tapi terkait rekam jejaknya sebagai pelatih. Pioli sepanjang kariernya lebih banyak menangani tim-tim medioker sebelum melatih Lazio, Inter, dan terakhir Fiorentina.

Statistiknya juga tidak begitu oke, di mana ketika dipecat Fiorentina, Pioli "cuma" punya 234 kemenangan dari 631 laga selama kariernya. Sisanya ada 192 hasil imbang dan 205 kekalahan dengan rasio kemenangan 37,08 persen Capaian terbaiknya adalah bersama Inter dengan rasio 51,85 persen. Sedari November 2016 hingga Mei 2017, Pioli punya 14 kemenangan dan 10 kekalahan. Di bawah itu ada Lazio dengan rasio 48,35 persen.

Makin bikin fans Milan ragu adalah Pioli belum pernah meraih trofi bergengsi selama kariernya. Patut ditunggu seperti apa hasil laga Milan di debut Pioli saat menghadapi Lecce 21 Oktober nanti.

 


(Andika Primasiwi, DS/CN26)