• KANAL BERITA

Barcelona Tumbang di Kandang Granada

Foto: AP Photo
Foto: AP Photo

GRANADA, suaramerdeka.com - Barcelona meraih hasil negatif setelah di luar dugaan tumbang 0-2 dari Granada pada lanjutan Liga Spanyol di Estadio Nuevo Los Carmenes, Minggu (22/9) dini hari. Dua gol Granada dicetak Ramon Azeez di menit kedua serta penalti Alvaro Vadillo di menit ke-66.

Baru dua menit laga berjalan, Barcelona sudah kebobolan di mana Junior Firpo melakukan kesalahan ketika bola yang dikuasainya direbut Roberto Soldado. Bola lantas digulirkan kepada Antonio Puertas yang melepaskan umpan dan disundul Azeez untuk menjebol jala Marc-Andre Ter Stegen.

Usai kebobolan, Barcelona mendominasi permainan meski gagal menembus solidnya lini belakang Granada. Menit 14, peluang lain didapat Granada setelah Puertas menusuk dari sisi kanan dan kemudian melepaskan tembakan ke pojok kanan bawah gawang, di mana bola masih menyamping dari gawang Marc-Andre ter Stegen.

Meski lebih banyak menguasai bola, Barcelona kesulitan membongkar pertahanan Granada. Mereka belum bisa mencetak gol balasan sampai babak pertama usai dan tertinggal 0-1.

Menit 53, Barca nyaris kebobolan setelah Ter Stegen melakukan kesalahan setelah bola tangkapanny terlepas dan bergulir menuju gawang. Beruntung bagi Barcelona, Ter Stegen masih bisa menghentikan bola sebelum melewati garis gawang. Menit 63, Barcelona dihukum penalti usai Arturo Vidal dinilai melakukan handball. Wasit mengambil keputusan tersebut setelah meninjau VAR.

Vadillo yang maju sebagai eksekutor sukses mengecoh Ter Stegen dan membawa Granada unggul 2-0. Barcelona mencoba membalas lewat aksi Fati. Bergerak di sisi kiri kotak penalti Granada, Fati kemudian melepaskan tembakan ke arah tiang jauh. Namun Rui Silva masih bisa mengantisipasinya dan mengamankan bola.

Dua peluang didapat Barcelona pada menit ke-82, usai Fati melepaskan umpan yang kemudian dioper oleh Messi ke Vidal yang lantas melepas sepakan namun bola diblok pemain Granada. Sampai pertandingan usai, Barcelona tak mampu mencetak gol balasan dan menelan kekalahan keduanya di Liga Spanyol musim ini.

Dengan hasil ini, Granada untuk sementara memuncaki klasemen Liga Spanyol dengan 10 poin dari lima pertandingan. Mereka unggul selisih gol atas Sevilla yang belum bertanding dan Atletico Madrid. Sementara itu, Barcelona masih berkutat di papan tengah usai menempati posisi ketujuh dengan tujuh poin.


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)