• KANAL BERITA

RFEF Urus Paspor Spanyol untuk Ansu Fati

Demi Bela Spanyol di Piala Dunia U-17

Foto: Getty Images
Foto: Getty Images

BARCELONA, suaramedeka.com - Agar bisa membela Spanyol di Piala Dunia U-17, Federasi sepakbola Spanyol (RFEF) sedang mengurus paspor untuk pemain muda Barcelona, Ansu Fati. Hal ini agar dia bisa bermain di Piala Dunia U-17. Dilansir dari  Marca, Fati disebut menerima kewarganegaraan Spanyol pada Jumat (20/9 sehingga berpeluang tampil membela Spanyol di kejuaraan tersebut.

Sebelumnya, pelatih Spanyol U-17, David Gordo, sudah menyatakan keinginannya untuk memakai jasa Fati di timnas. "Saya belum berbicara dengannya (Fati), namun aku tahu dia ingin bermain untuk Spanyol," ujar Gordo.

Musim ini, pemain 16 tahun itu menjalani debutnya bersama tim senior Barcelona di musim ini dan berhasil memberikan impresi positif. Menjawab keraguan suporter Blaugrana, Fati menorehkan dua gol serta satu assist dalam tiga penampilan, meski belum sekalipun bermain penuh.

Saat tampil melawan Borussia Dortmund, Fati resmi menjadi pemain termuda Barcelona yang menjadi starter di Liga Champions. Kualitas Fati menarik perhatian timnas Spanyol yang akan berlaga di Piala Dunia U-17 di Brasil pada Oktober mendatang.

"Kami akan memberikan daftar pemain sementara untuk Piala Dunia pada 25 September nanti, dan rencananya Ansu akan bermain. Semoga kami bisa mengandalkannya. Dia hidup untuk sepakbola dan rekan-rekannya sudah membicarakan kehebatannya."

Fati sendiri lahir di Bissau, ibukota Guinea-Bissau, pada 31 Oktober 2002. Namun ia telah hijrah bersama keluarganya ke Sevilla sejak usia 6 tahun. Ia juga belum pernah dipanggil oleh Timnas Guinea-Bissau, sehingga RFEF kepincut untuk mengamankan jasanya.

"Fati punya kemungkinan untuk membela negara lain (Guinea-Bissau), tapi dia ingin bermain untuk Spanyol dan kami melakukan segala yang bisa dilakukan agar dia bisa bermain bersama kami secepatnya," ujar Gordo.

 


(Andika Primasiwi, DS/CN26)