• KANAL BERITA

PSS Kontra Persipura, Duel Tim Konsisten vs Tim Inkonsisten

GIRING BOLA: Pemain PSS Sleman Arsyad Yusgiantoro menggiring bola di antara rekan-rekannya dalam sesi uji lapangan di Stadion Maguwoharjo Sleman. (suaramerdeka.com / Gading Persada)
GIRING BOLA: Pemain PSS Sleman Arsyad Yusgiantoro menggiring bola di antara rekan-rekannya dalam sesi uji lapangan di Stadion Maguwoharjo Sleman. (suaramerdeka.com / Gading Persada)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Laga menarik akan mempertemukan tuan rumah PSS Sleman melawan tamunya Persipura Jayapura pada laga lanjutan Shopee Liga 1 musim 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (19/9) sore. Ibaratnya, pertandingan kedua tim seperti duel antara tim konsisten dengan tim inkonsisten.

Ya, meski sebagai tuan rumah, PSS memang harus mengakui bahwa calon lawannya itu adalah tim yang konsisten.  Grafik permainan tim berjuluk Mutiara Hitam itu menanjak sejak ditukangi Jaksen F Tiago pertengahan Juli lalu. Bagaimana tidak, Boaz Solossa dan kawan-kawan tidak terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir, dan melesat ke peringkat ke tujuh klasemen sementara. 

Bahkan, sejak ditangani Jacksen, Persipura baru menelan kekalahan satu kali yaitu ketika mereka takluk dari Persebaya Surabaya pada 2 Agustus silam. Selebihnya mereka membuat catatan yang impresif. Termasuk pada enam laga terakhir mereka di kompetisi Liga 1 musim ini. Terhitung sejak kemenangan melawan 3-1 di kandang PSIS, Persipura tidak terkalahkan. Terkini mereka sukses menaklukkan Persela Lamongan dua gol tanpa balas.

"Waktu uji coba awal kompetisi Liga 1 lawan Persipura, saya berkomentar mereka tim komplet. Kualitas pemain, kualitas pemainan, dan kolektivitas tim ini yang paling stabil. Ini jadi catatan saya,” kata pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro, Rabu (18/9).

Seto pun tak menampik, bila sejak ditangani Jaksen F Tiago, Persipura menjelma menjadi tim yang lebih bagus. “Sekarang yang menangani Jaksen F Tiago. Dia membawa aura positif dan hasil bagus. Sebelum Jackson sudah bagus. Nah, Jaksen yang sudah menyatu bisa lebih dari yang saya bayangkan,” tuturnya.

PSS sendiri memang masih menjadi tim inkonsisten. Meski berada di papan atas klasemen sementara performa mereka juga angin-anginan. Namun di partai terakhirnya mereka mampu meraih kemenangan atas tuan rumah Semen Padang, 0-1. “Kami persiapan singkat, kami fokus pemulihan kondisi pemain. Tapi tak dipungkiri juga PSS punya sejarah luar biasa. Pengelolaan tim ini bagus sehingga sebagai tim promosi bisa ada di papan atas,” puji pelatih Persipura Jacksen F Tiago.


(Gading Persada /CN26/SM Network)