• KANAL BERITA

Gelar Individu Tak Terlalu Penting untuk Ronaldo

Foto: Antonello Sammarco / Images Sport
Foto: Antonello Sammarco / Images Sport

LISBON, suaramerdeka.com - Setelah namanya kembali jadi kandidat pemain terbaik di dunia tahun ini, Cristiano Ronaldo mengungkapkan, gelar individu tak pernah sepenting itu. "Aku tidak hanya bahagia karena gol-gol yang kucetak, namun juga karena level timnas Portugal beberapa tahun belakangan. Aku bangga membela timnas Portugal," ungkap Ronaldo seperti dikutip Marca.

Satu catatan positif kembali ditorehkan Ronaldo usai mengantarkan Portugal melumat tuan rumah Lithuania 5-1, dalam Kualifikasi Piala Eropa 2020. Empat gol dicetak Ronaldo dalam laga itu sekaligus menjadi pemain dengan gol terbanyak sepanjang sejarah gelaran tersebut. Dengan torehan 24 gol, ia melewati eks penyerang Republik Irlandia, Robbie Keane, yang mengoleksi 23 gol.

Kini, andalan Juventus itu mengejar rekor legenda Iran, Ali Daei, sebagai pencetak gol terbanyak untuk timnas di seluruh ajang. Ronaldo saat ini sudah mencetak 93 gol untuk Portugal, kalah 16 gol dari Daei.

Ronaldo yang kini sudah berusia 34 tahun menunjukkan diri masih tajam dan kompetitif. Ia masuk tiga besar kandidat peraih The Best FIFA Men's Player 2019, dan diperkirakan jadi finalis Ballon d'Or tahun ini juga. Tapi buat peraih lima gelar Pemain Terbaik Dunia itu, titel-titel individu hanyalah bonus atas kinerja kolektif.

"Seperti yang selalu aku katakan, aku tidak bermain sepakbola memikirkan penghargaan individu. Itu merupakan hasil dari apa yang dimenangkan secara kolektif dengan tim. Tapi ya bagus juga memenangi penghargaan itu, saya tak akan bohong. Tapi yang penting adalah membantu tim memenangkan pertandingan," ujar Ronaldo.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)