• KANAL BERITA

Southgate Akui Lini Belakang Inggris Masih Perlu Banyak Berbenah

Foto: Getty Images
Foto: Getty Images

SOUTHAMPTON, suaramerdeka.com - Usai laga melawan Kosovo, Manajer timnas Inggris, Gareth Southgate mengakui, lini belakangnya masih perlu banyak berbenah. Bahkan, Kosovo hanya butuh tiga sepakan tepat target untuk bikin tiga gol berkat rapuhnya lini belakang mereka. "Saya rasa itu adalah sesuatu yang kami harus pertimbangkan untuk beberapa waktu, karena itu jelas kesalahan-kesalahan yang mengkhawatirkan, sungguh," kata Southgate dikutip BBC.

Menjamu Kosovo di St Mary's Stadium, Rabu (11/9) dinihari WIB pada Kualifikasi Piala Eropa 2020, Inggris sudah kebobolan di menit pertama. Michael Keane salah saat mengoper bola sehingga bisa dipotong Vedat Muriqi lalu disodorkan ke Valon Berisha untuk dituntaskan jadi gol.

Tersentak usai gol cepat itu, Inggris menggila dengan mencetak lima gol melalui Raheem Sterling, Harry Kane, gol bunuh diri Mergim Vojvoda, dan dua gol Jadon Sancho. Berada di atas angin, lini belakang Inggris kembali lengah sehingga Harry Maguire dkk kecolongan dua gol.

Kesalahan antisipasi dan penempatan posisi berujung gol kedua Berisha. Sementara pelanggaran Maguire terhadap Muriqi di kotak 16 berujung penalti, yang sukses dieksekusi oleh penyerang Kosovo tersebut. Inggris boleh saja dominan: mencatatkan 58% penguasaan bola dan 10 tembakan on target, tapi pertahanannya butuh perbaikan.

"Apakah itu karena intensitas pertandingan, atau tekanannya, saya tak tahu. Kami harus berkaca pada kesalahan-kesalahan itu, tapi itu benar-benar kesalahan mendasar, sungguh, yang perlu diambil pelajarannya. Yang ingin saya katakan secara umum sebagai sebuah tim adalah, mereka pulih dari kesalahan-kesalahan itu, meski tidak ada yang lebih buruk dari tertinggal di awal untuk membuat tim merasa tak nyaman," tambahnya.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)