• KANAL BERITA

Inggris Susah Payah Kalahkan Kosovo

Foto: reuters
Foto: reuters

SOUTHAMPTON, suaramerdeka.com - Laju sempurna Inggris dalam Kualifikasi Piala Eropa 2020 masih berlanjut usai menang 5-3 atas Kosovo di Stadion St. Mary, Southampton, Selasa (11/9) dini hari. Lima gol Inggris dicetak Harry Kane, Raheem Sterling, Jadon Sancho (dua gol), dan gol bunuh diri Mergim Vojvoda. Tiga gol Kosovo dicetak Valon Berisha (dua gol) dan Vedat Muriqi via sepakan penalti.

Dalam laga ini, Inggris harus kebobolan terlebih dahulu di menit pertama setelah Velon Berisha mencetak gol, usai memanfatkan kesalah umpan dari Michael Keane. Enggan malu, Inggris meningkatkan serangan dan mencetak gol penyeimbang via tandukan Sterling di menit kedelapan.  Menit 19, skuat asuhan Gareth Southgate ini berbalik unggul lewat kaki usai Kane menuntaskan umpan dari Sterling.

Menit 38, Inggris makin tak terkejar usai Mërgim Vojvoda mencetak gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi umpan Jadon Sancho, dan membuat bola masuk ke jala timnya sendiri. Menit 43, Sancho menjauhkan keunggulan Inggris usai mencetak gol di menit 43.

Di injury time babak pertama, Sancho mencetak gol keduanya usai berhasil memanfaatkan bola muntah dari Sterling yang dimentahkan kiper Skor 5-1 untuk keunggulan Inggris, bertahan hingga turun minum.

Seusai istirahat berakhir, Kosovo langsung berusaha untuk mengejar ketertinggalan dan membuahkan hasil di menit ke-49. Dari serangan balik cepat Kosovo, usai memanfaatkan kelengahan lini tengah Inggris, Berisha sukses mencetak gol keduanya pada laga ini.  Menit ke-54, Kosovo mendapat penalti usai Harry Maguire, melanggar Vedat Muriqi di kotak penalti. Maju sebagai eksekutor, Muriqi sukses membobol gawang Jordan Pickford.

Inggris berpeluang untuk menambah angka lewat titik putih, usai Ross Barkley dilanggar di kotak penalti pada menit ke-63. Harry Kane yang maju sebagai eksekutor gagal mencetak angka, usai bola sepakannya dapat dihalau kiper Arijanet Muric.

Sterling mendapat peluang emas di menit ke-72 usai menerima umpan dari Kane. Tetapi bola sepakannya masih menghantam tiang gawang Kosovo. Hingga babak kedua berakhir, skor 5-3 tetap bertahan. Hasil ini membuat Inggris kukuh di puncak klasemen sementara dengan poin 12. Sementara Kosovo berada di peringkat ketiga dengan poin 8


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)