• KANAL BERITA

Empat Gol Ronaldo Bawa Portugal Menang Telak di Kandang Lithuania

Foto: Petras Malukas / AFP / Getty Images
Foto: Petras Malukas / AFP / Getty Images

VILNIUS, suaramerdeka.com - Portugal meraih hasil maksimal usai menghantam Lithuania 5-1 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Vilniaus LFF, Rabu (11/9) dini hari. Cristiano Ronaldo menjadi bintang kemenangan Portugal usai menyumbang empat gol plus satu dari William Carvalho. Satu gol Lithuania dicetak Vytautas Andriukevicius.

Dalam laga ini, Portugal mendapat penalti di menit ketujuh usai handball Saulius Mikoliunas. Maju sebagai eksekutor, Ronaldo mengonversi hadiah penalti dengan mengirim Ernestas Setkus ke arah yang salah sekaligus membawa Portugal unggul.

Tuan rumah yang tak mau malu memnyamakan skor di menit 27, setelah Vytautas Andriukevicius sukses memaksimalkan umpan Mantas Kuklys. Skor 1-1 bertahan sampai jeda pertandingan.

Di babak kedua, Portugal kembali memimpin pada menit 61 setelah sepakan spekulasi yang dilepaskan Ronaldo dari jarak jauh gagal diantisipasi Setkus dengan sempurna sehingga bola mengenai kepalanya sendiri sebelum masuk ke gawang Lithuania. Empat menit kemudian, bintang Juventus itu mencetak gol ketiga usai menyelesaikan crossing akurat Rafa Silva melalui sontekan dari jarak dekat.

Menit ke-76, Portugal kembali mencetak gol, setelah Bernardo Silva melakukan diakhiri dengan umpan terobosan, yang membebaskan Ronaldo di depan lalu lalu dituntaskan menjadi gol. Pada masa injury time, Portugal mencetak gol kelimanya dari William Carvalho, yang diawali dari situasi sepak pojok.

Laga berakhir dengan kemenangan telak Portugal 5-1. Dengan kemenangan ini, Portugal menempati posisi kedua klasemen grup usai mengoleksi 8 poin hasil empat pertandingan. Portugal masih tertinggal lima poin dari Ukraina yang memuncaki klasemen.


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)