• KANAL BERITA

Indonesia Hanya Sabet Runner Up Turnamen Futsal Asia 2019

Uzbekistan Menjadi Juara

FOTO BERSAMA: Skuat Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia foto bersama sebelum berlaga pada turnamen futsal Asia 2019 di GOR UNY, Sleman. (suaramerdeka.com / dok)
FOTO BERSAMA: Skuat Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia foto bersama sebelum berlaga pada turnamen futsal Asia 2019 di GOR UNY, Sleman. (suaramerdeka.com / dok)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Tim Nasional (Timnas) Futsal Uzbekistan menjadi yang tertangguh dalam turnamen futsal Asia 2019 yang berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, akhir pekan lalu (6-8/9). Sementara Timnas Futsal Indonesia harus puas sebagai runner-up pada ajang yang diikuti empat negara sebagai persiapan Kejuaraan Futsal Asia, AFC Futsal Championship 2019.

"Bagi kami ajang ini merupakan bagian dari persiapan jelang mengikuti Piala AFF Futsal 2019, 21-27 Oktober nanti," kata pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi, kemarin.

Timnas futsal Indonesia sendiri gagal menggeser Uzbekistan kendati di partai terakhir mereka, Minggu (8/9/) berpesta gol ke gawang klub futsal Malaysia, KL City FC. KL City FC sendiri menjadi satu-satunya peserta dari klub karena menggantikan posisi Timnas Futsal Irak yang urung ikut serta karena kesulitan biaya keberangkatan ke Indonesia. Menang telak 13-4, timnas Indonesia gagal menggeser Uzbekistan yang tampil sebagai jawara berkat menyapu bersih tiga laga. 

Pertama, Uzbekistan menaklukkan KL City dengan sembilan gol tanpa balas di hari pertama (6/9). Kemudian, negara pecahan Uni Soviet itu berhasil menundukkan tuan rumah Indonesia dengan skor 3-1 di hari kedua (7/9), dan terakhir membungkam Cina Taipei dengan skor 8-0 di partai pamungkas.

Sementara Indonesia  hanya mampu memenangkan dua laga atas Cina Taipei (7-0) dan KL City (13-4), serta menderita satu kekalahan dari Uzbekistan dengan skor 3-1. Cina Taipei menempati posisi ketiga dan KL City harus puas dengan menempati posisi paling buncit dari keempat tim peserta.

Uzbekistan selaku juara mendapatkan trofi plus uang tunai Rp 75 juta. Sedangkan Indonesia yang menempati posisi kedua mendapatkan uang sebesar Rp 50 juta, serta Cina Taipei yang berada di peringkat ketiga meraih Rp 25 juta. Pada ajang AFF Futsal 2019 Indonesia tergabung di grup B bersama tuan rumah Vietnam, Malaysia, dan Australia.


(Gading Persada /CN26/SM Network)