• KANAL BERITA

Teknologi VAR Tak Terlalu Disukai Mohamed Salah

Foto: Action Images via Reuters
Foto: Action Images via Reuters

LIVERPOOL, suaramerdeka.com - Teknologi Video Assistant Referee (VAR) rupanya tak terlalu disukai Mohamed Salah, yang justru lebih menyukai sepak bola yang manusiawi, dengan kesalahan-kesalahan di dalamnya. VAR mulai dipakai oleh Liga Inggris musim ini.

"Saya tak menyukainya, itu jawaban saya, selalu. Saya tak menyukainya. Saya suka sepak bola apa adanya. Saya menyukainya dengan kesalahan-kesalahan dari wasit, dengan agresi dari para pemain kadang-kadang. Okelah kalau VAR terkadang digunakan untuk melindungi para pemain dari aksi berbahaya. Tapi ya itu saja menurut saya, yang bisa jadi alasan penggunaannya, hanya untuk melindungi para pemain," ujar Salah dalam wawancara dengan CNN.

Teknologi ini memang beberapa kali membantu sang pengadil di lapangan, salah satunya pada laga Manchester City vs Tottenham Hotspur di pekan kedua. Salah satunya kala membatalkan gol Gabriel Jesus, di mana sudah lebih dulu terjadi handball oleh Aymeric Laporte. Pertandingan tersebut tuntas dengan skor sama kuat 2-2.

Salah sendiri punya pandangan sendiri berkenaan dengan debut VAR di Liga Inggris, kala ditanya pandangannya terkait teknologi ini. Penyerang Mesir itu mengakui tak menyukainya, kendati dalam takaran tertentu juga dibutuhkan. "Buat saya, saya menerima sepakbola dengan kesalahan dari wasit, dari pemain, saya tak tahu, tapi ya begitulah. Dari sanalah sepakbola jadi lebih menarik," tambahnya.

Meski tak setuju dengan penggunaan VAR, Salah di sisi lain menyadari teknologi itu berpotensi memberikan manfaat besar untuknya dan Liverpool. "Akan ada lebih banyak penalti untuk saya, Anda lihat saja," tandasnya.

 


(Andika Primasiwi, DS/CN26)