• KANAL BERITA

Menang Adu Penalti Atas Chelsea, Liverpool Juarai Piala Super Eropa

Foto: Getty Images
Foto: Getty Images

ISTANBUL, suaramerdeka.com - Liverpool sukses menjuarai Piala Super Eropa menang adu penalti 5-4 atas Chelsea, di Vodafone Park, Kamis (15/8) dini hari. Kedua tim sendiri bermain imbang 2-2 di waktu normal serta perpanjangan, di mana gol Chelsea dicetak Olivier Giroud dan Jorginho, sedang dua gol Liverpool diborong Sadio Mane.

Sejak awal, Liverpool menekan dan menebar ancaman di menit ketujuh saat umpan silang Jordan Henderson coba disambut Sadio Mane dengan tendangan salto, namun membentur Andreas Christensen. Menit 10, peluang kembali didapat Liverpool namun bola sepakan Salah membentur Joel Matip dan bola liar diarahkan Virgil van Dijk ke Fabinho yang melepas sepakan namun masih mudah diamankan kiper Kepa Arrizabalaga.

Menit 16, Salah mendapatkan peluang bagus usai menerima umpan terobosan lalu menghadapi Kepa Arrizabalaga, dan melepas sontekannya namun masih bisa dihentikan. Chelsea nyaris unggul di menit ke-22, usai Pedro menusuk di kiri dan mengarahkan tendangan kencang yang masih membentur mistar gawang saja.

Menit ke-36, Chelsea berhasil unggul, setelah Kante melewati Fabinho dan Mane, lalu melepas operan ke Pulisic yang dikepung pemain Liverpool. Dengan cerdik, dia menyontek bola ke Giroud yang terbebas di kiri dan dengan tenang menaklukkan Adrian dengan sepakan mendatar ke pojok kanan bawah. Skor 1-0 untuk Chelsea menutup laga babak pertama.

Di babak kedua, Liverpool langsung menggebrak di awal babak kedua dan menyamakan kedudukan. Meneruskan umpan Fabinho ke Mane, Roberto Firmino langsung menyontek ke arah gawang. Kepa sempat menepis bola namun tak kuasa menghadang Sane, yang menyambar bola muntah untuk menjebol gawangnya.

Usai menyamakan skor Liverpool mulai lebih memegang kontrol pertandingan dan nyaris memimpin di menit ke-76. Berawal dari sepak pojok, bola jatuh ke kaki Salah yang langsung mengarahkan tendangan keras ke gawang dan bola ditepis Kepa. Van Dijk datang untuk menyambar dan bola kembali dihalau Kepa lalu mengenai tiang sebelum akhirnya menjauh dari gawang Chelsea. Sampai 90 menit berakhir, tak ada gol lain tercipta.

Di perpanjangan waktu Liverpool memimpin di menit ke-95 usai Firmino menusuk di kiri dan mengirim umpan tarik yang langsung disambar Mane ke pojok kanan atas tanpa bisa diantisipasi Kepa. Empat menit berselang, Chelsea dihadiahi penalti usai Adrian menjatuhkan Tammy Abraham saat berupaya menyerobot bola. Maju sebagai eksekutor, Jorginho mengecoh Adrian dengan tembakan mendatar ke sisi kanan.

Hingga babak tambahan berakhir, tak ada pemenang. Liverpool vs Chelsea pun mesti ditentukan via adu penalti. Lima penendang Liverpool sukses menjalankan tugasnya. Sementara eksekutor kelima Chelsea yakni Tammy Abraham gagal setelah tendangannya ke arah tengah dihalau Adrian dengan kaki. Liverpool pun tampil sebagai juara Piala Super Eropa.


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)