• KANAL BERITA

Ajax Lolos ke Playoff Liga Champions, Porto dan Celtic Tersingkir

Foto: Olaf Kraak / AFP / Getty Images
Foto: Olaf Kraak / AFP / Getty Images

AMSTERDAM, suaramerdeka.com - Ajax Amsterdam melaju ke babak Playoff Liga Champions usai menang 3-2 atas PAOK dalam leg kedua babak ketiga Kualifikasi di Johan Cruyff ArenA, Rabu (14/8) dini hari. Di leg pertama pekan lalu, Ajax bermain imbang 2-2 atas PAOK.

Dalam laga ini, PAOK unggul lebih dulu pada menit 23 melalui Diego Biseswar, lalu disamakan Ajax dua menit sebelum turun minum melalui penalti Dusan Tadic. Berimbang di babak pertama, Ajax coba menggebrak di babak kedua.

Hasilnya anak asuh Erik Ten Hag berhasil unggul setelah Nicolas Tagliafico menyundul sepak pojok Hakim Ziyech untuk menjebol jala PAOK. Menit ke-85, Ajax kembali dihadiahi penalti dan bisa dieksekusi Tadic dengan sempurna untuk mengubah skor jadi 3-1.

Pada menit ketiga, PAOK sempat menipiskan skor usai Biseswar mencetak gol di menit ketiga injury time. Ajax tapi tetap menang 3-2 dan berhak lolos dengan agregat 5-4 ke babak playoff. Keberhasilan Ajax lolos tak diikuti Porto dan Celtic yang justru kandas di tangan lawannya.

Menjamu Krasnodar di Estadio Do Dragao, Porto secara mengejutkan tertinggal 0-3 pada babak pertama yang diawali gol cepat Tonny Vilhena pada menit ketiga disusul dua gol dari Shapi Suleymanov di menit ke-12 dan ke-34.

Pada babak kedua, Porto berhasil memperkecil kedudukan lewat Ze Elias pada menit ke-57 disusul Luis Diaz di menit ke-77. Porto tak bisa mengejar ketertinggalan dan akhirnya harus kalah 2-3. Porto tersingkir karena kalah agregat gol tandang karena cuma menang 1-0 di leg pertama.

Juara Liga Skotlandia, Celtic FC, juga masuk kotak usai disingkirkan Cluj dengan agregat total 4-5. Bermain di kandang setelah imbang 1-1 di leg pertama, Celtic malah takluk dengan skor 3-4.

 


(Andika Primasiwi, DS/CN26/SM Network)