• KANAL BERITA

Man City Lolos dari Sanksi Larangan Transfer FIFA

Foto: AP Photo
Foto: AP Photo

ZURICH, suaramerdeka.com - Manchester City terbebas dari hukuman larangan transfer FIFA usai dinyatakan bersalah akibat kasus transfer pemain di bawah usai 18 tahun. Meski lolos dari sanksi, City tetap harus membayar denda 315 ribu euro (Rp 5 miliar).

City sendiri awalnya disebut bakal dihukum serupa Chelsea, yakni larangan membeli pemain dalam dua bursa transfer ke depan. Meski tak dirinci FIFA, City disinyalir menyalahi aturan terkait hubungan mereka dengan klub Denmark, FC Nordsjaelland, dan akademi sepak bola Right To Dream di Ghana yang keduanya dimiliki Tom Vernon (Presiden Nordsjaelland).

Dua pemain dari Right To Dream, George Davies dari Sierra Leone dan Dominic Oduro dari Ghana, mengatakan bahwa tahun lalumenandatangani kontrak dengan City saat belum berusia 18 tahun sekaligus bermain untuk City dalam beberapa kejuaraan usia muda. Meski dua pemain itu tak lagi membela Ciity tapi FIFA terus menginvestigasi selama lima bulan hingga akhirnya memutuskan City bersalah.

Tapi, City masih beruntung karena mereka cuma dikenai denda 370 franc swiss atau sekitar Rp 5 miliar karena telah melanggar aturan soal kontrak pemain muda di bawah umur. Hukuman ini sempat juga diterima tiga raksasa LaLiga, Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid.

AP menyebutkan, keputusan ini diambil Komite Disiplin FIFA karena sikap kooperatif manajemen City yang mengakui kesalahannya saat merekrut pemain.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)