• KANAL BERITA

Kalahkan Senegal, Aljazair Juara Piala Afrika 2019

Foto: Imago
Foto: Imago

KAIRO, suaramerdeka.com - Aljazair sukses menjuarai Piala Afrika 2019 usai mengalahkan Senegal 1-0 dalam laga final di Cairo Internasional Stadium, Mesir, Sabtu (20/7) dini hari. Gol tunggal kemenangan Aljazair dicetak Baghdad Bounedjah.

Dalam laga ini, Aljazair sudah mampu membuka keunggulan di menit kedua, setelah sepakan Bounedjah dari luar kotak penalti, mengenai kaki Salif Sane hingga melambung tinggi dan tanpa diduga masuk ke gawang Alfred Gomis.

Usai kebobolan, Senegal langsung mengurung pertahanan Aljazair dan berulang kali melepaskan tembakan. Sayangnya, cuma satu tembakan yang mengarah ke gawang cuma dari tendangan bebas Henri Saivet. Skor 1-0 untuk Aljazair bertahan hingga laga babak pertama usai.

Selepas rehat, Senegal masih mengurung Aljazair hingga nyaris semua pemain lawan berada di sepertiga akhir pertahanan. Senegal pun susah masuk ke kotak penalti hingga harus melepaskan sepakan dari luar kotak penalti.

Menit 60, wasit Neant Alioum sempat memberikan hadiah penalti untuk Senegal usai umpan Ismaila Sarr dianggap mengenai tangan Adlene Guedioura. Namun, usai meninjau VAR, wasit menganulir keputusan tersebut

Senegal mengancam di menit ke-68 setelah tembakan Youssouf Sabaly dari luar kotak penalti masih berhasil ditepis kiper Aljazair. Ismaila Sarr melepas tembakan dari dalam kotak penalti di menit ke-82. Namun, bola masih belum mengarah ke gawang.

Tak ada gol balasan dari Senegal hingga laga usai. Aljazair pun keluar sebagai juara Piala Afrika 2019 dengan kemenangan 1-0.

 


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)