• KANAL BERITA

Resmi ke Juventus, Matthijs de Ligt Dikontrak Sampai 2024

Foto: instagram @juventus
Foto: instagram @juventus

TURIN, suaramerdeka.com - Matthijs De Ligt akhirnya resmi menjadi pemain Juventus dengan ikatan kontrak sampai 2024. La Vecchia Signora memboyong De Ligt dari Ajax Amsterdam dengan tebusan awal senilai 75 juta euro, dengan biaya tambahan lain yang mencapai 10,5 juta euro.

Diakui bek 19 tahun itu, dirinya berlabuh ke negeri pisa karena jatuh cinta dengan seni pertahanan di Serie A. De Ligt ingin merasakan langsung belajar catenaccio di negara asalnya sembari sembari menyebut beberapa pemain bertahan Italia idolanya. Sepak bola Italia terkenal dengan pertahanan gerendelnya atau lazim dikenal dengan nama catenaccio.

"Saya sudah bermain selama 10 tahun di level usia dini dan tiga tahun di tim utama. Tapi sayangnya, saya harus melangkah maju sekarang. Saya selalu terpesona dengan seni bertahan Italia. Banyak pemain yang saya idolakan merupakan orang italia: Maldini, Baresi, Nesta, Cannavaro, Scirea... Saya bisa menyebut lebih banyak lagi," kata De Ligt di Ajax TV.

De Ligt telah tiba di Turin sejak Selasa (16/7) lalu menjalani tes medis pada keesokan harinya sebelum teken kontrak. Di Juventus, De Ligt akan menerima gaji sebesar 7,5 juta euro (Rp 117,4 miliar) per musim dan 4,5 juta euro (Rp 70,4 miliar) dalam bentuk bonus-bonus.

"Saya jatuh cinta dengan bagaimana klub Italua bertahan. Buat saya, sedih harus meninggalkan Ajax. Saya mengalami beberapa momen luar biasa dan buruk. Seperti saat naik rollercoaster, tapi selalu ada waktu dalam hidup kita saat kita harus berpisah. Saya akan merindua semua orang, tapi tak ada yang tahu masa depan," ujar dia.

De Ligt menjadi pemain keenam yang direkrut Juventus di sepanjang bursa musim panas, setelah Aaron Ramsey, Luca Pellegrini, Adrien Rabiot, Gianlugi Buffon, dan Merih Demiral.

Juventus memenangi persaingan merekrut De Ligt, yang turut diincar klub-klub macam Barcelona dan Manchester United. Nama De Ligt mulai mencuri perhatian setelah membantu Ajax melaju hingga semifinal Liga Champions 2018/19 dan memenangi Eredivisie. Pada proses menuju babak empat besar, Ajax mengalahkan juara bertahan Real Madrid dan juga Juventus.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)