• KANAL BERITA

32 Tim Futsal Berebut Beasiswa Gratis LP3I

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sebanyak 32 tim sedang bersaing untuk menjadi yang terbaik pada kejuaraan futsal bertajuk "After Nine Futsal League LP3I 2019" di Jakarta, 28-30 Juni 2019. Tim kontestan tersebut merupakan para juara dari 52 kampus/cabang LP3I di Indonesia. Mereka diadu untuk menjadi yang terbaik di tingkat nasional untuk memperebutkan Piala Bergilir Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Managing Director LP3I College, Dr. Aspizain Caniago, S.Pd., M.Si, didaulat untuk membuka kejuaraan yang dilangsungkan di GOR Ciaracas, Jakarta Timur, Jumat (28/6). Sedangkan tendangan pertama dilakukan Managing Director PTS LP3I Jakarta, Isral Nurdin, MH.,MBA.

Ketua Panitia Pelaksana Kejuaraan, Akhwanul Akmal mengatakan, turnamen menggunakan sistem gugur ganda, dimana setiap tim bakal bertanding dua kali. Tim yang sukses meraih poin bagus, berhak melaju ke babak 16 besar. Selain di GOR Ciracas, babak penyisihan nasional juga dihelat di GOR Condet. Adapun babak final diselenggarakan pada Minggu (30/6). "Inti dari ajang ini adalah persahabatan, pergaulan dan membangun jaringan," kata Akmal.

Pihaknya juga berharap turnamen yang digelar tersebut bisa menghasilkan pemain bertalenta hingga dilirik timnas futsal. Pada tahun lalu, salah satu pemain jebolan kejuaraan After Nine LP3I dipanggil timnas. Dia adalah Muhammad Agung Pandega, perwakilan sekolah Polinas Makassar.

Agung Pandega kemudian dipanggil untuk memperkuat timnas futsal Indonesia U-20 yang tampil di ajang AFC U-20 Futsal Championship 2019 di Iran, beberapa waktu lalu. Agung ikut mengantarkan Indonesia finis di posisi keempat dan menjadi pencetak gol kedua tersubur bagi skuad Garuda dengan torehan empat gol. "Tahun lalu mendapatkan bibit dan sekarang masuk timnas U-20, yaitu Agung Pandega. Kami harapkan sekarang juga mendapatkan bibit unggul yang bisa berkontribusi terhadap futsal Indonesia," ujar Akmal.

Adapun bagi juara turnamen tahun ini, para pemain akan mendapatkan beasiswa masuk kampus LP3I. Untuk juara, pemain digratiskan bergabung LP3I hingga lulus tanpa dipungut biaya apapun atau 100 persen gratis. "Kalau juara dua, beasiswa 75 persen, sedangkan peringkat tiga beasiswanya dapat 50 persen," ungkap Akmal.


(Arif M Iqbal /CN26/SM Network)