• KANAL BERITA

Argentina Tumbang dari Kolombia

Copa America 2019

Foto: Plensa Futbol
Foto: Plensa Futbol

FONTE NOVA, suaramerdeka.com - Hasil negatif dituai Argentina dalam laga awal Copa America usai takluk 0-2 dari Kolombia di Itaipava Arena Fonte Nova, Minggu (16/6) pagi. Dua gol kemenangan Kolombia dicetak Roger Martinez dan Duvan Zapata.

Sejak sepak mula, Argentina langsung mendapatkan tekanan gencar dari Kolombia. Ancaman perdana didapat pada menit 16, usai Martinez menyambar umpan Radamel Falcao, namun bola masih membentur pemain Argentina dan hanya menghasilkan korner.

Menit 35, peluang didapat James Rodriguez namun belum mengemui sasaran. Tiga menit berselang, umpan James dari sepakan bebas disambar sundulan Falcao yang masih gagal mengarah ke gawang. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Babak kedua baru dimulai saat Argentina mengancam lewat sepakan jarak jauh Leandro Paredes, namun melesat tipis di samping gawang. Menit 59, Paredes menebar ancaman lain namun sepakan volinya mentah di tangan David Ospina.

Menit 62, ancaman lain datang melalui sepakan Lionel Messi namun arahnya masih tepat ke arah Ospina. Sundulan Sergio Aguero empat menit berselang juga mentah di tangan Ospina dan upaya lanjutan dari Messi melebar.

Di tengah tekanan Argentina, Kolombia malah mencetak gol di menit ke-71 usai Martinez menusuk dari kiri, berlari ke tengah, dan melepaskan sepakan keras yang menaklukkan Franco Armani. Usai kebobolan, Argentina berupaya merespon melalui eksekusi tendangan bebas Messi di menit ke-77namun tak cukup berbahaya untuk Kolombia.

Justru Kolombia mencetak gol keduanya di menit ke-86, setelah Duvan Zapata menyelesaikan umpan Jefferson Lerma dan menegaskan keunggulan timnya. Argentina merespons dengan peluang Paredes, lewat tendangan kerasnya dari bola mati meski sigap ditepis Ospina. Skor 2-0 untuk kemenangan Kolombia bertahan hingga laga berakhir.

Dengan hasil ini, Kolombia sementara memimpin Grup B dengan tiga poin dan Argentina berada di posisi terbawah. Posisi ini masih bisa berubah menunggu hasil Paraguay vs Qatar.


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)