• KANAL BERITA

Brasil Kalahkan Bolivia di Laga Pembuka Copa America 2019

Foto: Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Foto: Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images

SAO PAULO, suaramerdeka.com - Hasil manis dipetik Brasil usai menang 3-0 pada laga perdana Copa America 2019 di Estadio do Morumbi, Sao Paulo, Sabtu (15/6) dini hari. Philippe Coutinho menjadi bintang kemenangan Brasil melalui dua gol yang dicetaknya ditambah satu gol dari Everton Soares.

Brasil memulai dengan positif lewat aksi Richarlison, di mana dia menusuk dari kanan dilanjutkan dengan umpan silang bagus, meski belum bisa dimaksimalkan. Peluang lain datang dari sepakan bebas di depan gawang, di mana bola dieksekusi Philippe Coutinho, namun membentur pagar pemain.

Peluang kembali didapat Brasil di menit 11 kala Thiago Silva berdiri bebas menyambut sepak pojok meski upayanya masih melebar. Peluang lain juga didapat Silva dari situasi serupa, namun upayanya dari jarak dekat tak membuahkan hasil. Tak ada gol tercipta hingga babak pertama berakhir dan skor 0-0 tetap bertahan.

Baru semenit babak kedua berjalan, Brasil mendapatkan penalti usai sepakan Richarlison mengenai lengan Jusino dan wasit mengesahkan lewat Video Assistant Referee (VAR). Maju sebagai eksekutor, Coutinho sukses menceploskan bola, menaklukkan Carlos Lampe.

Di menit ketiga, Brasil menggandakan keunggulan setelah Richarlison mengoper ke Firmino di sayap, yang meneruskannya dengan umpan silang dan bola sukses ditanduk Coutinho untuk menjebol gawang Lampe.

Menit 85, Brasil menegaskan kemenangan setelah Everton berakselerasi dengan menusuk ke tengah dari kiri, lalu melepaskan sepakan keras ke tiang jauh. Peluang pertama Bolivia baru tercipta di menit ke-88, saat Leonardo Vaca mendapatkan ruang di kotak penalti. Tapi tendangannya mengarah tepat ke Alisson Becker.

Sampai pertandingan selesai, tak ada lagi gol tercipta sehingga Brasil menang 3-0. Dengan hasil ini, tuan rumah memimpin Grup A dengan tiga poin dengan Venezuela dan Peru baru akan bertanding, Minggu (16/6) dinihari WIB.


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)