• KANAL BERITA

Man United Tantang Chelsea pada Pekan Perdana Liga Inggris 2019/20

Winter Break Resmi Diperkenalkan

Foto: Getty Images
Foto: Getty Images

LONDON, suaramerdeka.com - Laga sengit terjadi pada pekan pertama Premier League musim 2019/20, di mana Manchester United langsung bentrok menghadapi Chelsea. Dari jadwal yang resmi dirilis, pekan pertama Premier League bakal mulai bergulir pada Jumat, (9/8) waktu setempat.

Laga Liverpool vs Norwich City di Anfield menjadi laga pembuka. Keesokan harinya, Manchester City akan bertandang ke markas West Ham United. Arsenal menantang Newcastle United pada Minggu (11/8) waktu setempat. Pekan pertama akan ditutup dengan big match antara Manchester United vs Chelsea, Minggu (11/8).

Selain itu, untuk pertama kalinya Premier League mengenal 'winter break' sehingga membuat para pemain punya waktu istirahat. Premier League dikenal sebagai kompetisi yang tak mengenal libur. Di saat Hari Natal dan Tahun Baru, roda kompetisi masih juga berjalan di saat beberapa liga top Eropa istirahat.

Setelah mendapat keluhan dari para manajer, Premier League mencantumkan adanya masa istirahat pemain dalam jadwal musim 2019/2020 yang sudah dirilis. Liga Inggris tak mau menyebutnya sebagai winter break, tapi mid-season player break.

"Kami akan memiliki akhir pekan ini dan kami menyebutnya 'istirahat pemain tengah musim'. Kami tidak menyebutnya winter break. Mengapa begitu? Karena kami tidak istirahat," kata Kepala Eksekutif Premier League, Richard Scudamore, yang dikutip dari Mirror.

Dengan kata lain, jeda pertandingan untuk para pemain tidak terjadi di akhir tahun sampai pergantian tahun. Masa istirahat pemain akan ada di bulan Februari antara tanggal 8 sampai 15. Itu juga bukan berarti tidak ada pertandingan di tanggal tersebut. Dari 10 pertandingan, Premier League membagi menjadi masing-masing lima pertandingan untuk tanggal 8 dan 15 Februari.

"Kami mempertandingkan lima pertandingan di minggu pertama dan lima lainnya di minggu selanjutnya. Saya pikir itu positif. Saya pikir itu bagus untuk sepakbola Inggris," tegasnya.

Pertandingan yang akan berlangsung adalah pertandingan seperti di pekan pertama, yakni seperti Liverpool vs Norwich dan Manchester United vs Chelsea. Demi memfasilitasi perubahan ini, maka babak kelima Piala FA digeser ke pertengahan pekan.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)