• KANAL BERITA

Messi Jadi Atlet Terkaya di Dunia Versi Forbes

Foto: Adidas
Foto: Adidas

BARCELONA, suaramerdeka.com - Lionel Messi sukses mengalahkan Ronaldo dalam hal kekayaan sebagai atlet. Dalam laporan terbaru majalah Forbes terkait kekayaan atlet dunia tahun ini, Messi mendapat total 127 juta dolar AS selama setahun ini atau sekitar Rp 1,8 triliiun, sehingga menempati posisi teratas.

Dalam 12 bulan terakhir, kekayaan Messi bertambah 16 juta dolar AS, setelah tahun lalu punya 111 juta dolar AS di bawah Floyd Mayweather dengan 285 juta dolar AS. Pendapatan Messi itu lebih besar sekitar 18 juta dolar AS ketimbang Ronaldo yang mendapatkan total 109 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,5 triliun.

Pemasukan terbesar pemain Argentina itu adalah gajinya dari Barcelona yang mencapai 92 juta dolar AS atau Rp 1,3 triliun, demikian juga dengan Neymar yang dibayar PSG sekitar 75 juta dolar AS atau Rp Rp 1,06 triliun. Sementara, Ronaldo "cuma" digaji Juventus sekitar 65 juta dolar AS (Rp 926 milar). Di posisi ketiga ada pesepakbola Paris Saint-Germain Neymar dengan 105 juta dolar AS atau Rp 1,49 triliun.

DI sisi lain, penghasilan lebih besar didapat Ronaldo dari Messi dan Neymar dalam hal iklan. Total produk yang mendukung Ronaldo dari ujung rambut hingga ujung kaki bernilai 44 juta dolar AS atau Rp 626 milar, sementara Messi mendapat 35 juta dolar AS dan Neymar mendapat 30 juta dolar AS.

Untuk tahun ini, posisi keempat atlet terkaya diisi petinju Saul 'Canelo' Alvarez yang mendapat 94 juta dolar AS, dengan hanya dua juta dolar AS didapat dari sokongan iklan. Itu artinya gaji Alvarez sama dengan Messi.

Roger Federer ada di posisi kelima dengan 93,4 juta dolar AS (Rp 1,3 T). Penghasilan Federer paling banyak didapat dari iklan yang mencapai 86 juta dolar AS, paling tinggi di antara atlet lainnya. Dua atlet futbol AS, Russel Wilson dan Aaron Rodgers, di posisi keenam dan ketujuh dengan pemasukan sekitar 89,5 juta dolar AS dan 89,3 juta dolar AS.

Tiga pebasket top LeBron James (89 juta dolar AS), Stephen Curry (79,8 juta dolar AS), dan Kevin Durant (65,4 juta dolar AS) melengkapi posisi 10 besar atlet dengan pendapatan tertinggi.

 


(Andika Primasiwi, DS/CN26)