• KANAL BERITA

Statistik Zidane Jauh Lebih Buruk dari Solari

Foto: Denis Doyle / Getty Images
Foto: Denis Doyle / Getty Images

MADRID, suaramerdeka.com - Statistik Zinedine Zidane bersama Real Madrid, sekembalinya menjadi pelatih, ternyata lebih buruk dari pencapaian Santiago Solari. Pelatih Prancis itu berusia 46 tahun dinilai itu gagal membangkitkan timnya, jika dihitung saat menjalani 11 pertandingan Liga Spanyol dengan hasil W5 D2 L4.

Marca melansir, jika menghitung klasemen dari jumlah 11 pertandingan tersebut, Madrid duduk di posisi delapan, dengan 17 angka atau tertinggal tujuh dari Barcelona. Persentase kemenangan Zidane berada di angka 45,4 persen.

Catatan Zidane tersebut kalah jauh dari Santiago Solari, yang dalam periode waktu 30 Oktober sampai 11 Maret dengan menjalani 17 pertandingan Liga Spanyol. Solari mencatatkan W12 D1 L4, persentase kemenangannya mencapai 70,5 persen. Menghitung perolehan poin dari jumlah 17 pertandingan tersebut dan dibandingkan dengan klub-klub lain, Madrid duduk di posisi dua dengan 37 poin, kalah lima angka dari Barcelona.

Madrid sendiri menjalani musim yang penuh gejolak di 2018/2019 dan bahkan harus tiga kali mengganti pelatih, yang diawali dari Julen Lopetegui, Santiago Scolari, dan kemudian Zinedine Zidane.

Zidane, yang memberi Madrid tiga gelar Liga Champions secara beruntun, kembali ke Santiago Bernabeu saat kondisi tim sudah sangat terpukul. Dia datang pada 11 Maret, saat El Real sudah tersingkir dari Copa del Rey, dipermalukan Ajax Amsterdam di Liga Champions, dan tertinggal jauh dari Barcelona di klasemen Liga Spanyol.

Statistik Zidane mirip apa yang diraih Julen Lopetegui, yang menjalani 10 pertandingan di LaLiga, dengan catatan W4 D2 L4. Persentase kemenangan di angka 40 persen. Mengumpulkan 14 poin, Madrid-nya Lopetegui duduk di posisi sembilan klasemen. Terpaut tujuh poin dari Barcelona di posisi teratas.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)