• KANAL BERITA

Guardiola Akui Mencari Pengganti Kompany Akan Sulit

Foto: reuters
Foto: reuters

MANCHESTER, suaramerdeka.com - Pep Guardiola mengakui, akan sulit mencari pengganti Vincent Kompany yang resmi meninggalkan Manchester City di akhir musim ini. Selepas mengantarkan City memenangi Piala FA musim ini, Kompany memutuskan hengkang sekaligus menandai akhir 11 tahun kebersamaan dengan klub itu.

"Semangatnya sudah luar biasa sejauh ini, dia sangat penting untuk kami di pekan-pekan terakhir musim ini. Akan sangat sulit untuk menggantikan Vinnie. Semua orang punya kekuatan masing-masing, tapi Vincent itu spesial. Kami akan merindukannya. Saya akan sangat merindukannya. Klub ini menjadi seperti ini karena para mantan pemain yang hebat seperti Mike Summerbee, Tony Book, Francis Lee, dan Colin Bell," ujar Guardiola, dikutip Sky Sport.

Keberhasilan meraih Piala FA membuat The Citizens meraih treble domestik, setelah sebelumnya mengunci gelar Piala Liga Inggris dan Premier League. Belum pernah ada sebelumnya tim yang mengukir catatan semacam ini. Usai meninggalkan City, selanjutnya Kompany akan pulang ke Anderlecht dan menjadi player-manager di sana.

Bagi Guardiola, Kompany lebih dari sekadar penyuntik pengalaman di tim namun juga penjaga mentalitas skuat. Sebagai salah satu rekrutan pertama City era Sheikh Mansour, pengalaman dan kematangannya krusial menjaga fokus tim.

"Tapi sejak Sheikh Mansour mengambil alih dan Khaldoon menjadi chairman, datangnya pemain-pemain era baru yang membantu mengubah takdir klub ini. Joe Hart, Vincent Kompany, Sergio Aguero, Yaya Toure, dan David Silva, mereka adalah pemain-pemain luar biasa yang membantu klub ini mengambil langkah besar. "Vincent membantu klub ini meraih begitu banyak hal sebelum saya tiba dan ketika saya datang ke sini," imbuhnya.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)