• KANAL BERITA

Bayern Muenchen Juara Liga Jerman 2018/19

Foto: fcbayern.com
Foto: fcbayern.com

MUENCHEN, suaramerdeka.com - Gelar juara Bundesliga 2018/19 menjadi milik Bayern Muenchen, setelah pada pekan terakhir menang telak 5-1 atas Eintracht Frankfurt di Allianz Arena, Sabtu (18/5) malam.

Main di kandang sendiri, Muenchen membuka skor pada menit keempat melalui Kingsley Coman. Tersentak gol cepat, Frankfurt mencoba bangkit dan mampu permainan Muenchen. Namun, mereka gagal mencetak gol hingga babak pertama usai sehingga skor 1-0 untuk Muenchen tetap bertahan.

Di babak kedua, Frankfurt sempat bangkit dan menyamakan skor melalui gol Sebastian Haller di menit ke-50. Namun dua menit berselang, Muenchen kembali unggul setelah David Alaba menjebol gawang Kevin Trapp.  Lima menit berselang, Muenchen kian menjauh setelah umpan Coman diselesaikan Renato Sanches sekaligus mengubah skor menjadi 3-1.

Memasuki 70 menit pertandingan berjalan, Bayern semakin tak terbendung. Dalam tempo enam menit, mereka mencetak dua gol melalui Franck Ribery dan Arjen Robben guna melengkapi pesta gol dan menandai laga terakhir mereka dengan sempurna. Skor 5-1 untuk Muenchen bertahan hingga akhir laga.

Dengan kemenangan ini, Die Roten mengakhiri musim dengan perolehan 78 poin, unggul dua poin dari rival terdekatnya Borussia Dortmund, yang mesti finis kedua usai menang 2-0 di kandang Borussia Moenchengladbach. Sementara itu, kekalahan itu menutup peluang Frankfurt lolos otomatis ke Liga Europa karena hanya finis ketujuh dengan perolehan 54 poin, terpaut satu poin dari Gladbach [5] dan Wolfsburg [6].

Ini menjadi gelar Bundesliga ketujuh beruntun Bayern, yang dimulai sejak 2012/2013 sekaligus menciptakan sejarah setelah menjuarai Bundesliga 2018/19. Dengan torehan itu, Bayern juga menyamai pencapaian Juventus dan Lyon.

Statistik GracenoteLive mengemukakan, titel ini memasukkan Bayern ke sebuah daftar eksklusif dengan menjadi tim ketiga di lima Liga top Eropa yang juara domestik setidaknya tujuh kali berturut-turut, setelah Olympique Lyon dan Juventus.  Gelar tersebut sekaligus menjadi perpisahan bagi dua pemain legendaris klub, Arjen Robben dan Franck Ribery, yang akan hengkang di akhir musim.

 


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)