• KANAL BERITA

Ajax Amsterdam Juara Liga Belanda 2018/19

Foto: FootballStar
Foto: FootballStar

DOETINCHEM, suaramerdeka.com - Ajax Amsterdam mengunci gelar juara Liga Belanda 2018/2019, usai menang 4-1 atas tim papan bawah De Graafschap pada pekan terakhir di Stadion De Vijverberg, Kamis (16/5) dini hari WIB.

Striker Ajax Dusan Tadic mencetak sepasang gol di babak kedua, lalu dilengkapi Lasse Schone dan Nicola Tagliafico, sedangkan gol balasan tim De Graafschap dibuat Youssef El Jebli di akhir babak pertama. Kemenangan ini membuat Ajax menyudahi kompetisi dengan keunggulan tiga poin atas rival terdekatnya, PSV Eindhoven. Ajax melengkapi suksesnya di level domestik setelah sebelumnya merebut Piala KNVB.

Ini menjadi gelar juara Eredivisie ke-34 dalam sejarah Ajax, atau yang pertama sejak terakhir kali juara pada musim 2013/2014. Sebelum ini, pasukan Erik ten Hag terlibat bersaingan sengit dengan PSV.

Pada akhirnya, lekalahan PSV di kandang AZ 0-1 pada akhir pekan lalu membuat Ajax dalam posisi sangat diuntungkan dalam persaingan. Pasukan besutan Erik ten Hag itu kemudian unggul tiga poin dari PSV dengan selisih gol yang besar (14), memasuki pertandingan terakhir.

Di klasemen akhir, Ajax mengoleksi 86 poin dengan mencetak 119 gol dalam 34 pertandingan. PSV di peringkat kedua usai mengumpulkan 83 poin untuk bergabung dengan Ajax ke Liga Champions musim depan. Posisi ketiga dihuni Feyenoord setelah menggasak Fortuna Sittard 4-1 untuk memperoleh 65 poin akhir.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)