• KANAL BERITA

Trigol Giroud Loloskan Chelsea ke Perempat Final Liga Europa

Foto: Getty Images
Foto: Getty Images

KIEV, suaramerdeka.com - Chelsea melenggang mulus ke babak perempat final Liga Europa usai menang telak 5-0 atas Dynamo Kiev pada leg kedua 16 besar, di Stadion NSK Olimpiyskiy, Jumat (15/3) dini hari. Olivier Giroud menjadi pahlawan kemenangan Chelsea usai membukukan hattrick, ditambah dua gol lain dari Marcos Alonso dan Callum Hudson-Odoi.

Main di kandang lawan, Chelsea sudah unggul di menit kelima, usai Giroud menyambar bola sundulan Ruben Loftus-Cheek dari sepak pojok Willian. Usai unggul, Chelsea terus membombardir lini belakang tuan rumah, dan mendapat peluang melalui sepakan Loftus-Cheek, namun bisa diantisipasi kiper Denys Boyko.

Menit 22, Kiev memberi ancaman setelah sepakan bebas Viktor Tsygankov masih bisa diblok pemain Chelsea. Giroud pada prosesnya mencetak gol keduanya pada menit 33, usai menyambar umpan Alonso dengan sepakan jarak dekat.

Di masa injury time babak pertama, Chelsea kian menjauh setelah Giroud bermain satu-dua dengan Hudson-Odoi, lalu berakhir di kaki Alonso, yang lantas menjebol jala Boyko. Skor 3-0 untuk Chelsea bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Giroud mencetak gol ketiganya di menit 59, usai menuntaskan umpan sepakan bebas Willian dengan sundulan. Empat menit berselang, Chelsea nyaris memperbesar keunggulan andai bola tendangan bebas Alonso tidak mengenai mistar gawang.

Di menit 78, Chelsea mencetak gol kelima, setelah Giroud melepas umpan dan diterima Hudson-Odoi yang berhasil masuk ke kotak penalti lalu merobek gawang Kiev dari jarak dekat. Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas. Chelsea menang dengan skor 5-0 dan berhak ke perempat final dengan agregat 8-0, usai di leg pertama menang 3-0.


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)