• KANAL BERITA

Lolos ke Perempat Final, Klopp Sebut Liverpool Sudah Kembali ke Habitatnya

Foto: AFP / Getty Images
Foto: AFP / Getty Images

MUENCHEN, suaramerdeka.com – Usai lolos ke perempat final Liga Champions dengan menang atas Bayern Muenchen, Liverpool disebut sang manajer, Juergen Klopp telah kembali ke habitatnya di papan atas sepak bola internasional.

“Saya melihat (kegembiraan) pada semua pemain Liverpool di ruang ganti. Semua orang yang melihatnya bersama kami tahu bahwa ini adalah malam yang besar. Kami menetapkan standar bagi Liverpool, untuk klub yang luar biasa ini, bahwa kami benar-benar kembali ke papan atas sepakbola internasional. Kami berpikir di situlah klub pantas berada dan saya sangat senang dengan hasilnya,” ujar Klopp, seperti yang diwartakan Standard.

Dalam laga leg kedua 16 besar di Allianz Arena, Kamis (14/3) dini hari, Liverpool menang 3-1 atas Muenchen melalui dua gol dari Sadio Mane dan satu dari Virgil Van Dijk. Liverpool lolos setelah secara agregat unggul 3-1 atas Bayern di mana mereka bermain imbang 0-0 di leg pertama.

Kemenangan itu, disebut Klopp telah memberikan dampak besar bagi Liverpool dan juga para pemain secara khususnya. Klopp tahu betapa spesialnya kemenangan atas Bayern saat melhat para penggawa Liverpool di ruang ganti pemain.

Di sisi lain, Klopp juga senang dengan performa tim asuhannya sekaligus menekankan kemenangan besar itu tak mudah diraih. Diakuinya, berhadapan dengan Muenchen dan bermain di Allianz Arena selalu sulit. Secara khusus, dia memuji gol pertama yang diciptakan Mane ke gawang Manuel Neuer dan mengaku ingin melihat kembali proses gol Mane sebanyak 1.000 kali.

Di luar gol pertama Mane yang ciamik, Klopp senang dengan performa Liverpool yang kokoh ketika bertahan, di mana hal itulah yang kunci keberhasilan Liverpool melenggang ke babak perempat final Liga Champions musim ini.

“Dalam pertandingan seperti ini Anda tidak pernah bisa beristirahat. (Kemenangan) ini benar-benar layak. Sangat sulit untuk bermain di sini, Bayern Munich. Gol pertama (Mane), saya ingin menontonnya kembali sebanyak 1.000 kali! Bertahan sangat bagus. Kami tidak mempertahankan cara (bermain) yang biasanya kami lakukan dalam pertandingan tandang Liga Champions, tetapi hari ini kami melakukannya,” ujar Klopp, seperti yang dilansir BTSport

Kelolosan Liverpool membuat semua wakil Liga Inggris melenggang ke putaran selanjutnya. Sebelumnya, Manchester City, Tottenham Hotspur dan Manchester United telah lebih dulu memastikan tempat di babak perempat final. Kelolosan empat wakil Liga Inggris itu sekaligus menegaskan kebangkitan sepak bola negeri Ratu Elizabeth itu di Benua Eropa.


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)