• KANAL BERITA

Kalteng Putra Lirik Bantul untuk Kandang Sementara

Foto: tirto.id
Foto: tirto.id

 BANTUL, suaramerdeka.com – Kalteng Putra, salah satu klub promosi Liga 1 asal Kalimntan melirik Bantul. Tim berjuluk Laskar Isen Mulang yang musim lalu finis sebagai juara tiga Liga 2 musim lalu itu mengisyarakatkan bakal memakai Stadion Sultan Agung (SSA) sebagai kandang sementara mereka.

“Dua hari lalu (20/2) perwakilan Kalteng Putra sudah bertemu dengan kami, setelah sebelumnya sudah berkomunikasi lewat telepon,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasarana Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul, Bagus Nur Edy Wijaya.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Kabid Pemuda dan Olahraga, Joko Surono dan Ketua Panpel Askab PSSI Bantul Sapto Priyono itu, dari pihak Kalteng Putra diwakili diwakili langsung Sekretaris Tim Sigit Widodo. Menurut Bagus, Kalteng Putra memilih untuk bermarkas di Bantul untuk kompetisi Liga 1 ini karena kondisi Stadion Tuah Pahoe yang selama ini menjadi markas mereka direnovasi.

“Mereka sudah mengirimkan surat resmi juga untuk bermarkas di Bantul. Intinya, mereka ingin di Bantul karena kondisi stadionnya yang sedang direnovasi,” kata Bagus.

Bagus menjelaskan, ketertarikan Kalteng Putra untuk memakai SSA tidak terlepas juga dari masukan dari sejumlah tim Liga 1 lainnya. “Kemarin saat pertemuan tim-tim Liga 1, banyak yang mengsulkan Bantul ke Kalteng Putra. Karena dinilai memiliki fasilitas memadahi, baik fasilitas stadion dan fasilitas akomodasinya, seperti hotel dan kedekatan dengan bandara,” papar dia.

Meski Kalteng sudah mengajukan izin untuk menggunakan SSA sepanjang satu musim ini, lanjut dia, keputusan masih menunggu izin dari Bupati Bantul Suharsono. Selain itu, dalam pertemuan tersebut pihak Disdikpora Bantul juga telah memberikan keterangan bahwa tak bisa meminjamkan SSA khusus untuk laga kontra Persebaya Surabaya.

“Surat resmi untuk peminjamannya dari manajemen Kalteng Putra sudah kami sampaikan ke Bapak Bupati dan masih akan menunggu proses perizinannya. Yang jelas, kami sangat senang ada tim Liga 1 yang kembali bermain di Bantul. Itu akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat Bantul,” tuturnya.

Dalam surat resminya bernomor 426/057/Sekt-KP/II/2019 yang ditandatangani Sekretaris Tim Sigit Widodo, Manajemen Kalteng Putra menyatakan, rencana penggunaan SSA sebagai markas tim sampai Stadion Tuah Pahoe dapat digunakan kembali. “Adapun jangka waktu pemakaian SSA yang diperlukan sampai dengan Stadion Tuah Pahoe Palangkaraya bisa digunakan kembali,” tulis Sigit Widodo.


(Gading Persada /CN26/SM Network)