• KANAL BERITA

PSSI Siap Gelar KLB

Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Desakan yang datang dari sejumlah kalangan agar PSSI menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) akhirnya bisa dipenuhi. Induk sepak bola nasional bersedia menyelenggarakan KLB berdasarkan keputusan rapat Komite Eksekutif (Exco)  di Jakarta, Selasa malam. Rapat tersebut dipimpin langsung Plt. Ketua Umum PSSI Joko Driyono.

Menurut Joko, KLB nanti memiliki dua agenda. Pertama membentuk perangkat Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP). Kemudian agenda kedua yaitu penetapan tanggal Kongres pemilihan kepengurusan baru.

"Untuk menyiapkan KLB dengan dua agenda itu dan mempertimbangkan padatnya program PSSI, termasuk menjaga komitmen partner komersial kompetisi profesional. Serta untuk menghormati agenda besar politik nasional. Maka, PSSI akan mengutus perwakilan ke Zurich, untuk berkoordinasi secara langsung dengan FIFA untuk mendapatkan arahan dan rekomendasi yang tepat," kata Joko Driyono.

Anggota Exco PSSI Gusti Randa mengatakan, kemungkinan KLB akan dilaksanakan setelah penyelenggaraan Pilpres. Namun pihaknya tak bisa merinci kapan waktu pelaksanaan kongres dilakukan. "Tanggal berapanya kami belum tahu itu urusan Kesekjenan nanti yang mengatur sesuai tahapan-tahapan regulasi, karena kami harus membentuk KP (Komite Pemilihan) dulu," kata Gusti.

Menurut dia, alasannya Exco bersedia mengetok palu agar KLB digelar karena tak memiliki waktu panjang. Kalau menunggu persetujuan melalui voter atau pemilik suara dianggap memakan waktu yang cukup lama. KLB bisa digelar dengan dua cara. Pertama atas usulan voter, kedua berdasarkan keputusan Exco.


(Arif M Iqbal /CN26/SM Network)