• KANAL BERITA

PSS Tetap Optimistis Kompetisi Sesuai Jadwal

Foto: suaramerdeka.com / Gading Persada
Foto: suaramerdeka.com / Gading Persada

SLEMAN, suaramerdeka.com - Federasi sepak bola Indonesia, PSSI, memutuskan akan segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). Ada kekhawatiran KLB akan membuat jadwal kompetisi sepak bola khususnya Liga 1 mundur dari jadwal. Meski begitu, PSS Sleman sebagai salah satu tim promosi tetap yakin kompetisi berjalan sesuai jadwal. “Kami tetap optimistis kompetisi on schedule,” tegas Yohannes Sugianto, Humas PT Putra Sleman Sembada, perusahaan yang menaungi PSS, Rabu (20/2).

Keputusan digelarnya KLB setelah anggota komite eksekutif (exco) PSSI menggelar rapat darurat pada Selasa (19/2) malam. PSSI sendiri dikabar akan mengutus perwakilan ke kantor FIFA untuk menyampaikan rencana kongres ini yang digelar setelah Plt Ketua Umum mereka Joko Driyono ditetapkan sebagai tersangka perusakan barang bukti pengaturan skor yang tengah ditangani Satgas Antimafia Bola bentukan Kapolri.

“Kompetisi (Liga 1) tetap 8 Mei, baru saja kami kontak PT LIB (Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi). Apalagi jadwal kick off sudah diputuskan sejak Kongres PSSI di Bali lalu,” kata dia.

Di sisi lain, untuk sekian kalinya PSS Sleman dikaitkan dengan sejumlah pemain asing. Meski memastikan tetap akan menerapkan status trial bagi pemain asing yang akan bergabung ke tim juara Liga 2 musim 2018 itu, namun tetap saja tim ini jadi magnet. Terkini adalah bek tengah jebolan Liga Spanyol Alfonso De La Cruz yang akan mengadu nasib ke tim besutan Seto Nurdiyantoro ini. Pemain berusia 32 tahun itu bahkan sudah tiba di Sleman sejak Selasa (19/2).

“Iya dia sudah tiba di Sleman kemarin. Insya Allah setelah lawan Borneo FC (leg kedua Piala Indonesia semalam) akan dilihat dahulu dalam latihan,” sambung Manajer PSS Retno Sukmawati.

Musim lalu, Alfonso berkostum klub Liga Super Malaysia, Selangor FC. Dia turut membawa tim itu menjadi runner-up Piala Malaysia. Pemain bertinggi 182 sentimeter itu banyak bergabung dengan tim-tim kasta kedua Liga Spanyol. Beberapa tim tersebut antara lain Carava, Ebro, Somozas, dan Lorca Atletico. “Nanti akan ikut latihan dan dilihat performanya oleh coach Seto (Nurdiyantoro). Keputusannya nanti tergantung pelatih,” tambah dia.

Sebelumnya PSS juga dikaitkan dengan mantan pemain Timnas Argentina U-17 Brian Ferreira serta striker Perseru Serui Silvio Escobar. Namun, hingga hari ini juga tidak jelas seperti Brian yang belum kunjung datang dan kabarnya malah sudah dikontrak sebuah klub di Mesir. Serta Silvio Escobar yang justru bergabung dengan juara Liga 1, Persija Jakarta.

Adapun pemain asing yang sudah datang sebelumnya Mido Saad (Mesir) sudah dipulangkan karena tidak sesuai ekspetasi. Sedangkan eks Bhayangkara FC Abdelkbir Khairallah (Maroko) sedikit beruntung mendapatkan kesempatan unjuk gigi karena langsung dimainkan saat PSS menjamu Borneo FC pada leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia malam ini.


(Gading Persada /CN26/SM Network)