• KANAL BERITA

Kartu Merah yang Menguntungkan Sergio Ramos

Foto: Denis Doyle / Getty Images
Foto: Denis Doyle / Getty Images

MADRID, suaramerdeka.com - Meski mendapat kartu merah dalam laga melawan Girona, Sergio Ramos diklaim mendapat keuntungan. Perlu diketahui, Ini kali kedua dalam lima hari terakhir Ramos terbelit masalah kartu, usai pada pekan lalu saat menghadapi Ajax Amsterdam di Liga Champions, bek 32 tahun itu dituding sengaja dapat kartu kuning.

Melawan Girona di Santiago Bernabenu, Ramos mendapat kartu kuning pertama pada menit 65, yang menyebabkan Girona bisa menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti. Itu adalah kartu kuning kelima Ramos musim ini sehingga otomatis terkena larangan main satu kali yakni saat berhadapan dengan Levante, pekan depan.

Jelang pertandingan berakhir bek timnas Spanyol itu justru dapat kartu merah, yang merupakan akumulasi dua kartu kuning. Aturan La Liga menyatakan kalau dua hukuman kartu tidak bisa dijatuhkan bersamaan. Ramos pun hanya akan dijatuhi sanksi larangan bermain satu kali, sebagai hukuman atas kartu merah tidak langsung. Adapun akumulasi kartu kuningnya masih empat.

Meski absen saat berhadapan dengan Levante, Ramos akan bisa melakukan comeback di laga yang lebih krusial, yakni El Clasico menghadapi Barcelona pada 3 Maret 2019. Berbeda dengan apa yang terjadi di Belanda, kartu merah yang didapat Ramos dalam laga dengan Girona sama sekali tak terlihat ada kesengajaan. Kapten Madrid itu mencoba melakukan tendangan salto namun kakinya mengenai pemain lawan.

Hukuman itu membuat dirinya sudah mengoleksi 25 kartu merah sepanjang karier di seluruh kompetisi. 20 di antaranya didapat bek 32 tahun tersebut pada ajang La Liga. Total Ramos diusir keluar pertandingan sebanyak 18 kali setelah mendapat dua kartu kuning. Sisanya, Ramos diusir keluar lapangan setelah mendapat tujuh kartu merah secara langsung.

 


(Andika Primasiwi, DS/CN26)