• KANAL BERITA

AFP Targetkan Futsal Jateng Lolos PON 2020

Foto: suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun
Foto: suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun

SEMARANG, suaramerdeka.com - Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jawa Tengah menargetkan tim futsal yang bakal dibentuk pada Maret mendatang, bisa lolos dari kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON) Papua 2020 yang rencana akan digelar Oktober tahun ini.

Hal tersebut dikemukakan Ketua AFP Jateng, M Maretan seusai kongres tahunan AFP Jateng di Hotel Grasia Semarang, Minggu (17/2) siang. Dia ingin kegagalan tim futsal untuk lolos dalam Pra-PON Jawa Barat 2016 di 2015 lalu tidak terulang lagi. Saat itu Indra Pradewa dan kolega harus merelakan tiket karena kalah di tiga laga dari Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Selatan di GOR Futsal Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

''Target utama kami tahun ini meloloskan tim futsal dari Pra-PON ke PON Papua 2020. Target ini penting sebelum kami berbicara apa target PON Papua. Sebab pada 2015 lalu Jateng gagal lolos ke PON Jabar 2016. Untuk tahun ini harus lebih baik dan kami akan menggelar seleksi terbuka maksimal bulan depan,'' kata Maretan.

Untuk mencari pefutsal andal, AFP Jateng berencana meminta Asosiasi Futsal Kota/Kabupaten (AFK) di Jateng untuk mengirimkan maksimal lima atlet terbaik mereka dalam seleksi. Maretan mengungkapkan, nantinya akan dicari 16 pefutsal terbaik untuk masuk dalam pemusatan latihan yang dipersiapakan untuk Pra-PON. Pihaknya bersyukur sudah ada 31 AFK dari 35 daerah di Jateng yang sudah terbentuk, sehingga akan banyak bibit pemain futsal yang bisa kami seleksi nantinya. 

''Namun kendala saat ini adalah ketentuan regulasi futsal dari KONI Papua yang hanya kurang layak. Hanya 10 pemain dan dua ofisial yang nantinya boleh didaftarkan di ajang ini. Lalu jika kami mendaftarkan tiga kiper, hanya ada tujuh pemain di tim. Ini tentu riskan,'' beber Maretan.

Pria yang juga pengusaha asal Pekalongan ini berharap regulasi itu masih bisa dievaluasi lagi. Untuk persiapan tersebut, alasan AFP Jateng akan merekrut 16 pefutsal terbaik jateng di pelatihan daerah nantinya.

''Kami juga mengapresiasi antusias dan semangat perwakilan 31 AFK yang hadir dalam kongres. Banyak masukan, evaluasi, dan pertanyaan yang kami tampung. Hal ini baik untuk mewujudkan semangat menuju futsal Jateng yang baik dan itu butuh waktu. Semoga semangat ini nantinya menular ke tim Jateng di Pra-PON,'' harap Maretan.

Di ajang Pra-PON Papua ini, AFP Jateng juga berencana untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah kualifikasi wilayah. Menilik sebelumnya Liga Nusantara putaran nasional 2018 di gelar di Jateng dan pemusatan latihan tim nasional futsal putri juga di provinsi ini tahun lalu.

''Kami juga Alhamdulillah dekat dengan sekretaris jendral Federasi Futsal Indonesia dan beliau orang Jateng. Sehingga akan kami komunikasikan agar niatan ini bisa terwujud. Selain itu, kami juga melmpererat sinergitas dengan Asprov PSSI Jateng dan KONI Jateng agar agenda kami di 2019 ini bisa berjalan sesuai program,'' ungkap Maretan.

Selain pembentukan tim dan pelatda tim futsal Jateng untuk Pra-PON, AFP juga akan menggelar kompetisi kelompok umur, Liga Nusantara Jateng, dan beberapa agenda pelatihan bagi perangkat pertandingan dan pelatih futsal. ''Kami juga berharap semakin banyak atlet dan pelatih futsa Jateng yang berkiprah di nasional. Kami akan majukan lagi di tahun kepengurusan yang sudah berjalan selama tiga tahun ini,'' tandasnya.


(M Alfi Makhsun/CN26/SM Network)